Delegasi G20 Akan Disuguhkan Panganan UMKM Lokal

PANGKALPINANG, LASPELA – Forum G20 (Group of Twenty) atau kerja sama multilateral antar negara negara-negara maju dan berkembang di dunia pada September 2022 mendatang, menjadi panggung bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk memperkenalkan diri kepada dunia.

Salah satu yang akan diperkenalkan melalui menteri keuangan dari negara-negara anggota G20, dan juga para delegasi lainnya, tidak lain yaitu kuliner khas dari beberapa daerah di Bangka dan Belitung. Gubernur Babel Erzaldi Rosman memastikan jika para delegasi tersebut akan disuguhkan dengan panganan lokal.

“Kami sedang berupaya bersama EO (Event Organizer)-nya mengatur bagaimana menata makanan lokal. Seperti kopi Belitung, teh pelawan Bangka Tengah, gangan juga dari Belitung, juga stick keju Belitung, sama keripik sukun. Ini akan kita sajikan di meja mereka masing-masing,” ujarnya, Senin (21/2/2022).

Gubernur menegaskan jika forum pembahasan ekonomi dan pembangunan tingkat dunia ini tidak akan disia-siakan. Targetnya, jika rencana yang terus dimatangkan oleh panitia lokal di Pulau Belitong berjalan dengan baik, akan menarik perhatian dan kerja sama dengan pemerintah daerah, baik bagi Pemerintah Kabupaten Belitung, Belitung Timur, maupun Pemprov. Babel.

“UMKM yang akan ditampilkan dalam G20 sebagai salah satu strategi kita memasarkan produk kita, mengenalkan produk kita, terutama untuk delegasi. Kalau UMKM kita ini bagus, tidak menutup kemungkinan mereka akan mengirimkan delegasi-delegasi lain untuk bekerja sama dengan kita,” katanya.

Untuk itu, produk-produk yang akan dipamerkan pula bukan produk asal-asalan, melainkan yang telah memenuhi berbagai syarat sesuai dengan yang ditetapkan, baik dari sisi kehigienisan, kurasi yang baik, kemasan, hingga pada tingkat keamanan untuk dikonsumsi. Sehingga, panganan yang akan disajikan meyakinkan para delegasi jika Bumi Serumpun Sebalai juga menjadi surganya kuliner dunia.

“Makanya, berbicara produk yang akan kita promosikan saat momen G20, adalah produk-produk yang sudah mendapat kurasi dari dinas, jadi tidak sembarang produk. Nanti juga ada show case tempat (produk UMKM) yang akan dikunjungi oleh mereka. Sekarang masih tahap pembinaan dan pemilihan UMKM mana saja yang nanti akan hadir di dalam area show case,” katanya.rill/(wa)