banner 728x90

Peringati Hari Sampah, PT Timah Tbk Dukung Even Kemah Sampah di Bangka Barat

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

BANGKA BARAT, LASPELA — Sampah menjadi permasalahan global, yang sampai saat ini belum teratasi secara maksimal.

Melalui momentum peringatan hari sampah nasional (HPSN) tahun 2022, PT Timah mendukung even HPSN yang digagas oleh KSM Bank Sampah Sepakat dengan ‘Kemah Sampah’ yang dilaksanakan di Wisata Sampah Kolong Cepakek desa Air limau kecamatan Muntok kabupaten Bangka Barat, Sabtu (19/2/2022).

banner 325x300

Even HPSN 2022 diikuti oleh pengurus desa, pokdarwis, karang taruna, BUMDES, LSM, organisasi, serta pelajar sekolah SMP dan SLTA di kabupaten Bangka-Barat.

Dalam Even ini peserta akan menggikuti berbagai kegiatan seperti Kemah Sampah, Seminar Persampahan dan Pentas Seni dimulai Jumat-Minggu (18-20/2022).

Manager KSM Bank Sampah Sepakat, Mexsi Diansah menyampaikan kegiatan ini untuk mencari SDM dalam penggeloaan sampah.

“Dari kegiatan ini kami mengharapkan ada kaderisasi bidang persampahan, karena dalam pengelolaan lingkungan kita bentuk kadernya dulu. Sebaik apapun program kalau tidak ada SDM yang menjalani tidak akan dapat berjalan juga program tsb itu konsepnya,” katanya.

Mexsi yang juga sebagai Sekretaris Desa Air Limau menyampaikan apresiasinya kepada PT Timah, Ia berharap program pemberdayaan masyarakat dapat terus didukung PT Timah.

“Di sini PT Timah memberikan reward dan dukungan lainnya untuk kegiatan selama tiga hari tiga malam di lokasi wisata ini,” katanya.

“Kami sangat mengapresiasi PT Timah dari tahun 2001 mereka telah suport kita untuk peringgatan hari sampah, mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus disuport sampai dihilirnya untuk pemberdayaan masyarakat,” sambungnya.

Salah satu peserta Kemah, Havisa Amelia siswi SMA Kelapa mengaku banyak manfaat mengikuti Kemah Sampah memperinggati HPSN 2022.

“Dari kegiatan ini kita mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan sampah. Sampah yang kita pandang sebagai sesuatu yang tak berguna lagi, bila kita kelola dengan baik ternyata bisa memberikan nilai ekonomis, seperti kompos , kerajinan dan lain-lain,” kata
Havisa.

Senada, Yan Saputra siswa SMA Negeri 1 Muntok menyampaikan banyak edukasi yang didapat menggikuti kegiatan ini.

“Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat buat peserta yang mengikuti even ini. Nantinya kami mengedukasi teman-teman di sekolah. Melalui Kemah Sampah ini. Lebih baik kita mengguranggi sampah daripada kita mendaur ulang sampah,” sebut Yan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Barat Joni W.Candra mengapresiasi kegiatan yang digagas KSM Bank Sampah Sepakat.

Menurutnya, dalam rangka memperingati Hari Sampah pihaknya akan menyelenggarakan gotong royong bersih pantai Batu Rakit
Dengan tema kelola sampah pada Senin (21/2/2022).

“Kami menapresiasi apa yang dilakukan KSM Bank Sampah Sepakat dalam peringatan HPSN, Kemah Peduli Sampah ini,” katanya.

Ia menilai dukungan PT Timah sangat tinggi dalam kepedulian lingkungan. Bahkan menurutnya dapat menjadi contoh bagi perusahaan lainnya.

“Dukungan PT Timah diharapkan menjadi contoh. Mudah-mudahan apa yang dilakukan PT Timah bisa diikuti pihak-pihak lain.
PT Timah adalah BUMN dari dulu sampai sekarang konsentrasinya sangat tinggi, terutama melalui CSRnya itu diperuntukkan kepedulian lingkungan, Mudah-Mudahan PT Timah terus mendukung,” tandasnya.rill/(wa)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version