Dirjen Minerba Tanam Mangrove di Muntok

MUNTOK, LASPELA — Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM, Ridwan Jamaludin bersama Forkopimda Bangka Barat, dan PT Timah menanam 3.000 batang mangrove di kawasan Pantai Teluk Rubiah, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Sabtu (12/2/22).

Turut hadir Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, Kapolres AKBP Agus Siswanto, Dandim 0431/BB Letkol Inf. Deri Indrawan, Direktur Operasi PT Timah Alwin Albar, Kepala Unmet Muntok Wiyono, Kasi Intel Kejari Bangka Barat, Mario Nicholas dan Kelompok Tani Wanita Kelurahan Tanjung.

Foto bersama Dirjen Minerba Ridwan Djamaluddin, Forkopimda Babar, dan perwakilan PT Timah usai melakukan penanaman mangrove di kawasan Pantai Teluk Rubiah. (Foto : Oma Kisma/Laspela)

Ridwan Jamaludin menyampaikan, pemulihan ekosistem dengan penanaman pohon harus dimulai dari sekarang dan sesegera mungkin, tidak perlu menunggu sampai penambangan selesai. Keduanya harus dilakukan secara bersamaan.

“Mulai dari diri sendiri dan mulai dengan cepat supaya ini terpulihkan dengan baik, kalau kewajiban untuk proses itu segera wajib untuk mereklamasi sesegera mungkin pasca tambang, yaitu segera setelah selesai penambangan,” ungkapnya.

Ridwan juga mengatakan, program yang dimiliki PT Timah untuk mereklamasi lahan bekas penambangan sudah baik dan sejalan dengan program Kementerian ESDM, dan penanaman seperti ini bukan yang pertama.

Program tersebut meluas ke lokasi-lokasi penambangan yang menjadi bagian dari IUP PT Timah, khususnya di Bangka Belitung, pemulihan lahan itu menurutnya dilakukan semaksimal mungkin dan capaian reklamasi yang sudah dilakukan pun dievaluasi kembali.

“Tahun lalu sekitar 86.000 hektar sekian yang kita olah pasca tambangnya, tidak hanya mangrove saja tapi seluruhnya. Jadi kita akan terus memperluas itu supaya sekali lagi pandangan-pandangan negatif terhadap industri pertambangan ini bersama kita atasi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengatakan, kegiatan kali ini merupakan inisiasi Ridwan Jamaludin sebagai putra daerah, dengan mengajak PT Timah untuk melakukan penanaman mangrove, yang diharapkan bisa terus meluas di sepanjang Pantai Teluk Rubiah.

“Kita pahami lah beliau kan putra daerah ya, semangatnya karena beliau melihat kondisi seperti ini dia mengajak PT Timah, dan kita semua untuk melakukan penanaman mangrove, sebagaimana semangat Pak Presiden Jokowi untuk menanam mangrove. Mudah-mudahan Insyaallah bisa nyebar,” ungkapnya. (Oka)