Kemenag Babar Akan Berangkatkan 109 Calon Jamaah Haji

MUNTOK, LASPELA – Kementerian Agama (Kemenag) Bangka Babar (Babar) akan berangkatkan sebanyak 109 orang calon jamaah haji tahun 2022, dimana angka tersebut sudah mendapatkan kursi dan telah melakukan manasik serta mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Kepala Kemenag Babar, Syarifudin menyampaikan saat ini terdapat 3.105 porsi calon jamaah haji yang masuk dalam daftar tunggu. Sedangkan untuk 2021 saja sudah terdapat 351 porsi calon jamaah haji yang sudah mendaftar dan menunggu untuk diberangkatkan.

“Dengan adanya penundaan 2 tahun, maka jamaah haji yang sudah manasik di Bangka Barat berjumlah 109 orang. Ini daftar tunggu tunda karena pandemi Covid-19, ini variasi masa tunggunya ada yang 5 sampai 10 tahun jadi tergantung masa mereka mendaftar,” ungkapnya, Kamis (3/2/22).

Namun dikatakan Syarifudin untuk kepastian keberangkatan Haji, masih menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat dan pihak Pemerintah Arab Saudi.

“Untuk siap berangkat ini kita menunggu regulasi dari pemerintah arab Saudi dan Kementerian Agama, apakah 109 jamaah ini diberangkatkan semua tergantung kuota,” ucapnya.

Sementara itu untuk penetapan kuota jamaah Haji, Syarifudin mengatakan kebijakan merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

“Kita tidak ada kuota Kabupaten, yang ada itu kuota Provinsi. Dari kuota Provinsi itu tiap Kabupaten Kota, masuk kuota atau tidak tergantung masa pendaftaran. Jadi kuota itu fluktuatif, bisa naik bisa turun,” katanya. (Oka)