Bund! Harga Minyak Goreng di Pasar Ritel Modern Lagi Murah Nih

Bund! Harga Minyak Goreng di Pasar Ritel Modern Lagi Murah Nih

PANGKALPINANG, LASPELA – Sesuai dengan Kebijakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, jika harga minyak goreng sekarang berada di Rp14 ribu per liter. Namun, penurunan harga ini belum merata, hanya pada ritel modern yang tergabung pada Asosiasi Ritel Modern (Asprindo).

Untuk di Pangkalpinang sendiri mengikuti kebijakan pusat. Donal Tampubolon selaku Kepala Disperindag dan UMKM Kota Pangkalpinang, menuturkan ritel yang masuk ke dalam Asprindo yang ada di Kota Pangkalpinang telah menurunkan harga minyak goreng.

“Untuk di Pangkalpinang pada hari ini sudah menurunkan harga yang tergabung pada Ritel Asprindo seperti Hypermart, Transmart, Alfamart dan Indomaret. Sementara untuk pasar tradisional kami menunggu juknis,” katanya, Rabu (19/1/2022).

Sementara, untuk ritel lokal yang belum bekerja sama dengan Asprindo seperti TJ Mart, MM Acing Jaya dan lainnya belum menurunkan harga menjadi Rp14 ribu per liter, dikarenakan stok produk masih lama.

“Karena pasokan barang mereka masih harga lama dari distributor. Untuk distributor sendiri sampai saat ini belum menurunkan harga menunggu juknis lebih lanjut. Dan mereka belum memperoleh akses ke pemasok yang bekerja sama dengan pemerintah,” katanya.

Tampubolon tetap meminta kepada masyarakat untuk tidak panic buying, karena pemerintah menjamin harga Rp14 ribu per liter hingga 6 bulan ke depan. “Dan akan dilanjutkan lagi apabila harga CPO masih tinggi,” tuturnya. (dnd)