DONE

PT Timah Lengkapi Sarana dan Prasarana Wisata Pantai Penyusuk

*Kini Pantai Penyusuk Kian Cantik dan Nyaman

BANGKA, LASPELA – Pantai Penyusuk menyimpan potensi wisata yang menawan, memiliki hamparan batu granit dan pasir yang putih membuat pantai ini kian eksotis. Pantai yang terletak di ujung utara Pulau Bangka ini ramai dikunjungi warga saat akhir pekan.

Selain memiliki pantai yang indah, Pantai Penyusuk juga menjadi pintu masuk untuk menuju Pulau Putri. Dimana Pulau Putri hanya berjarak 700 meter dari Pantai Penyusuk, di Pulau Putri ini biasanya wisatawan bisa snorkling untuk melihat keindahan bawah laut.

Saat ini Pantai Penyusuk dan Pulau Putri dikelola oleh Kolompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Penyusuk yang diketuai oleh Akli Sahari. Berbagai penataan dilakukan untuk mempercantik salah satu kawasan wisata di Kabupaten Bangka ini.

Dalam menata wisata di Pantai Penyusuk, PT Timah Tbk berpartisipasi melengkapi sarana dan prasarana untuk mengembangkan kawasan wisata ini. Dukungan ini dilakukan secara berkelanjutan.

Akli Sahari bercerita, jumlah kunjungan wisatawan mencapai ribuan orang setiap pekannya, hal ini membuat mereka kian semangat untuk mengembangkan pariwisata, apalagi ditambah dukungan dari PT Timah Tbk.

Ia menyebutkan, PT Timah Tbk telah memberikan bantuan berupa landmark pantai Penyusuk, toilet, musala, perahu dan peralatan snorkling. Hal ini untuk mendukung wisata bawah laut. Bahkan baru-baru ini, PT Timah Tbk menenggelamkan rumpon untuk membuat coral garden di kawasan Pulau Putri.

Untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan, PT Timah Tbk kembali menyerahkan enam unit saung di kawasan pantai yang nantinya dapat dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai di pantai Penyusuk.

“Selama ini kita terkendal beberap fasilitas, Alhamdullilah PT Timah Tbk membantu dengan kembali menambah fasilitas dengan memberikan enam unit saung. Dulu sebelum ada saung ini, pengunjung duduknya tidak beraturan dan terkesan kurang rapi namun sekarang lebih tertata,” ujar pria yang kerap disapa Mang Akli saat menerima bantuan saung dari PT Timah Tbk, Senin (17/1/2022).

Baginya dengan semakin lengkap sarana dan prasarana di pantai dapat meningkatkan kenyamanan wisatawan dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri.

“Kami berterimaksasih atas segala bantuan yang diberikan oleh PT Timah, hanya ke PT Timah Kami mengajukan bantuan untuk meningkatkan pariwisata Pantai Penyusuk dan saungnya juga kalau bisa ditambah lagi.” Katanya.

Tidak hanya untuk kemajuan sektor pariwisata, dukungan fasilitas yang diberikan PT Timah Tbk membuat pelaku UMKM senang karena meningkatnya omset penjualan.

Siti salah satunya, pelaku UMKM yang menjual berbagai makanan dan minuman di Pantai Penyusu. Ia mengatakan bahwa keuntungannya meningkat sebanyak 50% dari sebelumnya.

“Saya setiap sabtu dan minggu menjual bakwan, empek-empek, bakso, mie ayam dan minuman seperti kopi, es teh, minuman botol dan sebagainya. Namun di hari kerja saya hanya menjual makanan instan serta minuman biasanya,” ujarnya.

“Setelah semakin lengkapnya fasilitas yang diberikan oleh PT Timah untuk Pantai Penyusuk membuat pengunjung semakin ramai dan keuntungan jualan saya semakin meningkat hampir 50%,” tambahnya.

Ia berterimakasih kepada PT Timah Tbk yang telah membantunya meningkatkan keuntungan jualannya.

“Saya sangat senang dengan dukungan pariwisata yang diberikan PT Timah, tidak hanya membuat pariwisatanya semakin maju, namun membuat pelaku UMKM semakin makmur,” ceritanya.rill/(wa)

Share :

Baca Juga

KABUPATEN BELITUNG

Kepastian Tata Ruang, Peta Tematik Global Geopark Belitung Segera di Susun

KABUPATEN BANGKA

Gubernur Babel Dikabarkan Lakukan Isolasi Mandiri

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Anak Muda Jangan Sampai Tergiur Narkoba

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Diskominfo Babel Siap Sebarluaskan Informasi Pelaksanaan Pilkada 2020 ke Masyarakat

KABUPATEN BANGKA BARAT

PT ASDP Cabang Tanjung Kalian Gelar Sertijab General Manajer

Kumpulan Berita Bangka Belitung

DPRD Kota Pangkalpinang, Menggelar Rapat Paripurna Dengarkan Pidato Kenegaraan

KABUPATEN BELITUNG

PT Pelindo II Cabang Tanjungpandan Terus Gencar Persiapkan Ekspor Langsung

KABUPATEN BANGKA SELATAN

Gubernur Berikan Umroh Gratis kepada Orang Tua Penghafal Al-Qur’an
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: