DONE

Home / HEADLINE / HUKUM / KABUPATEN BANGKA BARAT / NEWS

Sabtu, 15 Januari 2022 - 00:44 WIB

Kejaksaan Bebaskan Tersangka Perkara Lakalantas di Babar

 MUNTOK, LASPELA — Seorang pemuda berinisial J (26) yang sempat dinyatakan sebagai tersangka dalam perkara kecelakaan lalu lintas di Bangka Barat (Babar) beberapa waktu lalu dinyatakan bebas dari tuntutan hukum. Putusan tersebut setelah penerapan restorative justice, atau keadilan restoratif oleh Kejaksaan Negeri Bangka Barat.

Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Barat, Helena Octavianne mengatakan kebebasan didapatkan setelah restorative justice yang diajukan oleh tersangka J, disetujui oleh Jampidum Kejaksaan Republik Indonesia, pada Kamis (13/1/2022) kemarin.

“Kami menghentikan penuntutan berdasarkan upaya keadilan restoratif yang telah terpenuhi terhadap tersangka berinisial J, ” ungkapnya, Jumat (14/1/2022).

Tersangka berinisial J, oleh Jaksa Penuntut Umum disangkakan telah melanggar Pasal 310 ayat (3) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Baca Juga  Peringatan Bulan K3, Disnaker Babel Ajak Perusahaan Ikut Merayakan

Ada beberapa pertimbangan tersangka J dapat memperoleh restorative justice, salah satunya telah melakukan perdamaian tanpa syarat dengan korban, yang dilakukan pada Rabu (5/1/2022) lalu.

“Berdasarkan Peraturan Kejaksaan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif, dengan alasan dan pertimbangan bahwa Tersangka dan Korban telah melakukan perdamaian tanpa syarat dan memohon untuk dilakukan keadilan restoratif.

Tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana, tindak pidana yang dilakukan diancam tidak lebih dari 5 lima tahun penjara, masyarakat merespon positif, dan tercapainya tujuan hukum kemanfaatan, keadilan dan kepastian hukum,” jelas Helena.

Baca Juga  Sekda Jelaskan Pentingnya Data untuk Perencanaan Pembangunan

Sementara itu, tersangka J mengucapkan rasa syukur setelah ia terbebas dari tuntutan hukum, terlebih istrinya saat ini sedang mengandung buah hatinya.

“Tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, merasa bersyukur dapat restorative justice ini. Terlebih istri saya sedang mengandung, terimakasih kepada pihak Kejari Bangka Barat dan semuanya,” ungkapnya.

Diketahui, tersangka berinisial J terlibat kecelakaan lalu lintas dengan korban Muharram yang juga berstatus sebagai saksi. Kecelakaan terjadi di Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, pada Jumat (29/10/2021) lalu. (Oka)

Share :

Baca Juga

ANTARA News

Pemda Harus Permudah Perizinan untuk Dorong Investasi

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Bersama Bank dan OJK, Gubernur Babel Ikut Evaluasi dan Targetkan Penyaluran KUR 2020

DPRD

Rapat Paripurna, Justiar Sampaikan Raperda APBD Anggaran 2019

KABUPATEN BANGKA

Dilahan Bekas Tambang, Kelompok Pesona Cahaya Lestari akan Budidaya 5000 Kakap Putih

KABUPATEN BANGKA TENGAH

Tiga Atlet Atletik Asal Desa Perlang Wakili Babel di PON XX Papua

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Molen Sebut Tahun Ini DWP Lebih Bermarwah

Kumpulan Berita Bangka Belitung

Bangunan Dekat Jalan Protokol Wajib Sediakan Pot Bunga dan Tong Sampah

HEADLINE

Sekda Pangkalpinang Ingatkan Pengelola Wisata Perhatikan Ketersediaan Toilet Bersih
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: