DONE

28 Kades Terpilih di Basel Dibekal Penggunaan Dana Desa



Oleh: Nopranda Putra


TOBOALI, LASPELA – Sejumlah kepala desa (Kades) terpilih periode 2022-2028 di Kabupaten Bangka Selatan mengikuti pembekalan dan pengantar tugas dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPPPAMPD) Kabupaten Bangka Selatan, di gedung pertemuan Kecamatan Toboali, Rabu, 12 Januari 2022.

Kabid Pemdes Reza Pahlevi Bangka Selatan mengatakan untuk pemateri kegiatan dari Inspektorat Bangka Selatan dengan tujuan pembekalan ini yakni jangan sampai para Kades terpilih setelah pelantikan salah mengambil langkah.

“Artinya kawan-kawan ini menjabatnya masih lama yakni sampai enam tahun kedepan, makanya jangan sampai salah langkah dan sesuai ketentuan yang ada,” kata dia.

Ia menjelaskan secara gambaran umum terkait desa terutama APBDes, RPJMDes, LKP, dikarenakan tidak semua kades yang hadir hari ini pernah menjabat sebelumnya artinya kades benar-benar baru atau mungkin belum paham.

“Bagaimana tentang cara pengelolaan dana desa, yang lebih benar atau bagaimana perencanaan untuk kedepan tentunya,” terang dia.

Ia menuturkan dari 31 Kades terpilih, hanya 28 Kades yang mengikuti pembekalan dan pengantar tugas terkait penggunaan dana desa.

“Untuk kepala desa Tanjung sangkar dikarenakan sakit dan untuk desa Sidoharjo serta desa Sebagin mungkin ada kesibukan keluarga,” ujar dia.

Tak hanya itu, ia menuturkan, pihaknya juga mendapat informasi terkait dengan perangkat desa yakni informasinya beberapa Kades akan mengganti perangkat desanya.

“Secara ketentuan yang kita ketahui, perangkat desa itu boleh diganti apabila memang melanggar ketentuan, seperti melanggar larangan, tidak memenuhi syarat sebagai perangkat desa,” ungkap dia. (Pra)

Share :

Baca Juga

Kumpulan Berita Bangka Belitung

PT Timah Bangun 12 Unit Rumah Tinggal Layak Huni

KABUPATEN BANGKA TENGAH

Bupati Minta Lakukan Sinergi Demi Kemajuan Pariwisata Bangka Tengah

KABUPATEN BELITUNG TIMUR

16 PNS Rebut Jabatan Pemkab Beltim

KABUPATEN BANGKA SELATAN

ASN di Lingkungan Disdik Basel Diimbau Untuk Bayar Zakat, Infaq dan Shadaqah

HEADLINE

Rakor Pemberantasan Korupsi, Ketua DPRD Babel: Pemerintah Semakin Berhati-Hati dalam Mentaati Peraturan

NEWS

Menjelang Pilkada Pangkalpinang, Gandhi Kumpulkan Pengurus Partai

HEADLINE

PLN Babel Pastikan Kelistrikan Selama Ramadan Hingga Idul Fitri 1443 H Tercukupi

EDU-BUDAYA

Kedua Kalinya Desa Gadung Mewakili Basel Ikuti Lomba Tingkat Provinsi
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: