Kenakan Destar, BPJ Ingin Tiru Keteladanan Pahlawan Depati Amir

PANGKALPINANG, LASPELA– Ada yang tampak berbeda dengan style Bambang Patijaya (BPJ) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia saat ini.

Dalam rapat perdana komisi VII di tahun 2022 ini, anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung itu mengenakan penutup kepala seperti Topi. Saat dihubungi, BPJ menceritakan ketertarikannya untuk mengenakan penutup kepala tersebut. Dia juga memastikan setiap kali rapat komisi maupun rapat lainnya akan selalu mengenakan penutup kepala yang diakuinya itu sebagai simbol keteladanan.

Menurut BPJ, penutup kepala tersebut bernama Destar. Destar ini kata dia adalah penutup kepala Depati Amir seorang pahlawan Nasional dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Sebagai putra daerah asli Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tentu sangat bangga memiliki seorang pahlawan nasional yang gigih melawan penjajah. Untuk mengenang sosok beliau itu maka saya sekarang mengenakan Destar sebagai bentuk penghormatan,” ujar BPJ.

Makna lain dari mengenakan Destar tersebut lanjut ketua DPD 1 Partai Golkar Bangka Belitung ini adalah semangat perjuangan dan keteladanan Depati Amir dalam memperjuangkan kebebasan dan hak-hak rakyat.

“Oleh karena itu sebagai politisi di Senayan sudah seharusnya pula saya memperjuangkan aspirasi masyarakat Bangka Belitung di tingkat pusat, Sebagai bentuk tanggung jawab saya kepada masyarakat Bangka Belitung,” terangnya.

Dia juga menuturkan pemakaian Destar dalam acara resmi kenegaraan maka akan menjadi sarana promosi dan daya tarik Bangka Belitung di kancah nasional, mengingat Destar saat ini sudah menjadi topi ciri khas masyarakat Bangka Belitung.(you)