Kampung Tanjung Kembali Diterjang Banjir Rob

MUNTOK, LASPELA — Sejak pagi tadi, Kampung Tanjung Laut, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat (Babar) kembali diterjang banjir rob akibat curah hujan tinggi ditambah air laut pasang, Rabu (5/1/22).

Sebanyak puluhan rumah warga terendam dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Sebelumnya, banjir rob juga melanda ratusan rumah warga dengan ketinggian yang sama pada bulan Desember 2021 lalu.

Kepala BPBD Bangka Barat, Achmad Nursyandi mengatakan pihaknya bersama tim gabungan TNI/Polri langsung mendatangi lokasi dan mengecek keadaan, juga langsung membantu evakuasi harta benda warga yang terdampak ke tempat yang lebih aman.

“Jadi banjir rob hari ini air mulai naik pada pukul 07.00 WIB, kemudian tertinggi di pukul 09.23 WIB setinggi lutut kaki orang dewasa. Untuk rumah yang terdampak ada sekitar 84 rumah,” ungkapnya.

Terpisah, salah satu warga Tanjung yang terdampak banjir Sayuti (66), saat ini ia mengharapkan adanya bantuan sembako atau makanan.

“Hujan deras terus dari setengah tujuh, air laut juga pasang, keadaan rumah air masuk semua. Kami perlu sembako, tidak ada makanan tidak ada datang, tidak bisa masak,” katanya.