Awal 2022, Pemkab Basel Kembali Ukir Prestasi di Bidang Menuju Kota Cerdas Kemkominfo RI


Oleh: Nopranda Putra


TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan kembali mengukir prestasinya di awal tahun 2022 di bidang penyusunan masterplan smartcity yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengatakan dari 88 kabupaten kota se Indonesia berhak ikut asesmen hanya Pemkab kabupaten Bangka Selatan di Provinsi BangkaBelitung yang masuk 50 besar bahkan di nomor urut 2.

Sebelumnya, ungkap dia Pemkab Bangka Selatan berhasil meraih nilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik terbaik se-Provinsi Bangka Belitung.

“Alhamdulillah, setelah menjadi peraih nilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik terbaik se-Provinsi Bangka Belitung. Hari ini Pemkab Bangka Selatan melalui Diskominfo terpilih sebagai urutan 2 dari 144 kabupaten kota untuk Menyusun Masterplan Smart City 50 secara gratis dari program Kementerian Kominfo yaitu Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City). Dan hanya kabupaten Bangka Selatan yang terpilih dari kabupaten kota di Provinsi Bangka Belitung,” kata Zamroni, Kamis, 6 Januari 2022.

Dijelaskan dia, ada banyak item yang dipersyaratkan saat pihaknya menjalani assesmen oleh tim penilai dari Kemkominfo RI.

“Secara umum syarat-syarat tersebut meliputi hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, sumber daya manusia, infrastruktur, aplikasi layanan publik dan dukungan pemerintah daerah,” terang dia.

Ia berharap prestasi-prestasi untuk Pemkab Bangka Selatan dapat terukir kembali melalui program-program unggulan kabupaten Bangka Selatan kedepannya.

“Harapan kita Pemkab Bangka Selatan dapat mengukir prestasi lainnya di program-program yang digagas Kementerian. Dan prestasi ini harus dapat kita pertahankan bersama-sama, bahkan diharapkan dapat ditingkatkan kembali,” harapnya.

Untuk itu, ia meminta kolaboratif dan sinergitas seluruh elemen pemerintahan baik vertikal maupun horizontal di Bangka Selatan dapat berjalan bersinergi serta dukungan masyarakat Bangka Selatan sangat penting guna kemajuan di negeri beribu pesona.

“Sinergitas baik pemerintahan maupun masyarakat sangat diharapkan dalam kemajuan kabupaten Bangka Selatan di masa akan datang, kita pertahankan dan tingkatkan lagi prestasi ini,” ungkap dia. (Pra)