Penyebrangan Pelabuhan Tanjung Kalian Mengalami Peningkatan

MUNTOK, LASPELA — Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, jumlah angkutan penumpang di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat (Babar) mengalami peningkatan dibanding Nataru 2021.

General Manager PT ASDP Muntok, Christopher Samosir menyampaikan untuk kendaraan roda empat saja dibandingkan tahun 2020 lalu, sudah mengalami peningkatan sebesar 22 persen atau sudah melayani 661 kendaraan.

“Pada masa Nataru ini ada peningkatan dari keadaan normal, maupun dari Nataru tahun 2020 adapun peningkatan kondisi saat ini untuk penumpang rata-rata 94 persen atau ada kenaikan sekitar 100 orang untuk penumpang pejalan kaki,” ungkapnya, Rabu (22/12/21).

Namun menurut Christopher, angka tersebut masih bisa bertambah, mengingat puncak kenaikan arus penumpang pejalan kaki dan kendaraan diprediksi akan terjadi pada tanggal 24-25 Desember 2021 mendatang.

Untuk mengantisipasi terjadinya antrean hingga keluar kawasan Pelabuhan, ia menyampaikan pihaknya telah memperluas kapasitas yang lebih besar untuk menampung kendaraan.

“Kita telah membuka jalur parkir untuk siap muat ada tampungan sementara, kurang lebih bisa dimasuki 100 kendaraan. Sehingga kapasitas kita awalnya dalam keadaan normal itu kita memiliki daya tampung 150 kendaraan, untuk saat ini dengan skema yang baru untuk Nataru ini ada peningkatan 73 persen atau kita bisa menampung 260 kendaraan,” jelasnya.

Sementara itu dengan 13 kapal yang setiap hari beroperasi, PT ASDP juga menyiapkan berbagai skema termasuk penambahan trip menuju Pelabuhan Tanjung Api-Api.

“Kalau extra trip itu bagian dari strategi, jadi kita biasanya normal tujuh trip. Jadi skema padat itu bisa sampai delapan hingga sembilan trip, kalau situasi ekstra padat itu bisa sampai 10-11 trip,” jelas Christopher. (Oka)