Anak-Anak Usia 6-11 Tahun Akan Disuntikkan Vaksin Sinovac

PANGKALPINANG, LASPELA – Vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6 hingga 11 tahun, mulai direncanakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Untuk awal, tiga kota yakni Jakarta, Banten, dan Depok terlebih dulu akan melaksanakan vaksinasi.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, Masagus Hakim. Sementara, jenis vaksin yang akan digunakan menurut Hakim akan diberikan Vaksin Sinovac. Jika Pangkalpinang diinstruksikan untuk memulai vaksinasi, ketersediaan vaksin tersebut tersedia.

“Vaksinasi yang diberikan ialah Sinovac, hingga kini stoknya masih tetap aman di Kota Pangkalpinang,” katanya, Senin (13/12/2021).

Penggunaan vaksin Coronavac pada anak pun aman dan dapat ditoleransi dengan baik. “Berdasarkan aspek khasiat dan keamanan vaksin pada literatur yang ada, menunjukkan penggunaan Vaksin Coronavac pada usia 6-11 tahun aman dan dapat ditoleransi dengan baik,” ujarnya.

“Kami juga akan melakukan penguatan surveilans KIPI pada vaksinasi anak usia 6-11 tahun untuk memantau keamanan vaksin pada sasaran kelompok usia 6-11 tahun,” tuturnya.

Untuk pemberian dosis sendiri, sama halnya dengan dewasa yaitu dua dosis vaksin. Sedangkan lokasi vaksinasi akan dilakukan di Puskesmas, Rumah Sakit atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan lainnya.

“Vaksinasi bisa dilakukan di faskes baik pemerintah maupun swasta termasuk pos-pos pelayanan vaksinasi, dan sentra vaksinasi,” ujarnya. (dnd)