Pemerintah dan TNI/Polri Dirikan Dapur Umum untuk Warga Terdampak Banjir

MUNTOK, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) bersama TNI/Polri langsung mendirikan dapur umum untuk membantu warga Kelurahan Tanjung yang kediamannya terendam banjir, Rabu (8/12/21) pagi.

Wakil Bupati Babar, Bong Ming Ming bersama Kapolres AKBP Agus Siswanto turun langsung membagikan nasi bungkus secara door to door, sekaligus memantau kondisi pemukiman warga yang sudah dua hari ini terkena banjir Rob.

“Kami bersama pemerintah daerah akan langsung mendirikan dapur umum bencana alam mulai hari ini digelar, untuk menyediakan makanan sederhana dan layak, higienis dan bergizi, diatur dalam waktu yang cepat dan tepat memenuhi pangan korban bencana alam,” ungkap Agus Siswanto.

Sementara itu, Wakil Bupati Bong Ming Ming mengungkapkan, untuk penanganan banjir cepat pihaknya akan membuat pintu air supaya sirkulasi air lancar.

“Untuk itu kami akan membuat pintu air. Tujuannya tatkala gelombang pasang tinggi kita tahan supaya gelombangnya tidak masuk, setalah itu kita siapkan beberapa mesin untuk memompa air dari darat ke laut,” katanya.

Bong Ming Ming mengatakan, untuk sementara waktu warga masih berada dikediamannya masing-masing, dan pihaknya sudah mendirikan dapur umum untuk mencukupi kebutuhan warga. Namun, apabila tidak memungkinkan lagi akan dilakukan evakuasi.

“Sementara warga masih bisa diatasi, tapi kalau memungkinkan kita evakuasi akan kita evakuasi termasuk kalau perlu mengungsi ke rumah dinas silahkan,” ungkapnya disela pembagian nasi bungkus. (Oka)