Kajari Bangka Selatan Lantik Kasi Intelijen dan PB3R yang Baru


Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Selatan melaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan serta pengantar tugas pejabat Kepala Seksi (Kasi) Intelijen dan Kasi Penerimaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) di ruang Aula Kejari Bangka Selatan, Senin, 29 November 2021.

Pergeseran jabatan di tubuh adhyaksa ini yakni pejabat lama Kasi Intelijen dari Dody Prihatman Purba kepada pejabat baru Michael Yandi Pangihutan Tampubolon, sedangkan jabatan Kasi Penerimaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (PB3R) dari pejabat lama Freddy Oslan Parningatan ke pejabat baru Deddy Faisal.

Untuk Dody Prihatman Purba menjabat kursi Kasi Pidana Umum pada Kejaksaan Negeri Belitung Timur sedangkan Freddy Oslan Parningtan jabat Kasi Pidana Khusus pada Kejaksaan Negeri Bangka Tengah.

“Dua kasi pejabat lama dan baru, sudah resmi digantikan melalui acara sertijab. Pelantikan dan pengambilan sumpah dari Kasi Intel pak Doddy ke pak Michael dan pak Oslan kepada pak Deddy Faisal,” kata Mayasari, didampingi Kasi Intelijen Michael.

Ia berharap, pejabat baru semoga segera beradaptasi dan mempelajari sesuai dengan tugas, pokok dan fungsinya (tupoksi). Serta segera bersinergi dengan stacholeder yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

“Untuk atensi sudah pasti kasi intel karena tugasnya adalah harus mempelajari bagaimana pengamatan di Bangka Selatan ini, berkaitan dengan kinerja kejaksaan dari penegakan hukum,” ujar dia.

Dengan adanya pejabat baru di lingkungan Jaksa, menurut dia tidak akan mengganggu ketentuan yang ada di Kejari Bangka Selatan. Karena mereka sama-sama menguasai bidang dan tugasnya masing-masing.

“Saya sangat bangga mendapatkan tim baru dan menujuang kinerja saya lebih baik lagi,” tukas dia.

Ia mengatakan tugas utama dari Kasi Intelijen yakni pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket), karena sangat diperlukan dan dikumpulkan untuk pimpinan mengambil keputusan. Serta dihadapkan dengan pemilihan kepala desa (Pilkades), tentu tugas pertamanya di sana.

“Yang kedua masih ada pekerjaan rumah (PR), kasi intel ini tentang produk pelimpahan yang belum maksimal, mungkin bisa ditingkatkan oleh kasi intel yang baru,” ungkap dia.

Acara itu juga dihadiri Plh Sekda Basel Haris Setiawan, Kabag Ops Polres Bangka Selatan AKP Albert D Tampubolon, Kasat Polair IPTU Rio P Tarigan dan stakeholder lainnya.

Sekedar diketahui, sebelum jabat Kasi Intelijen Kejari Bangka Selatan, Michael Yandi Tampubolon sebelumnya menjabat Kasi Datun di Kejari Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Sedangkan Deddy Faisal sebelum jabat Kasi PB3R Kejari Bangka Selatan, dirinya sempat bertugas sebagai Jaksa Fungsional di Kejari Lampung Tengah, Provinsi Lampung. (Pra)