Hari Jadi Babel Ke-21, Gubernur Erzaldi: Jadikan Momentum untuk Berdaya Saing dan Mandiri

TANJUNGPANDAN, LASPELA – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi ke-21 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan di kawasan Pantai Tanjung Pendam, Kabupaten Belitung, Senin (22/11/21). Kegiatan tersebut merupakan puncak perayaan bertambahnya usia Bumi Serumpun Sebalai.

Dengan mengenakan pakaian adat melayu Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Jadi ke-21 Provinsi Kepulauan BangkaBelitung.

Dalam sambutannya Erzaldi berharap momentum ini bisa menjadikan titik awal kebangkitan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, agar bisa lebih mandiri.

“Saya berharap, di usia ke-21 ini dapat jadikan sebagai titik awal kebangkitan kembali Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, agar dapat mandiri dan berdaya saing dengan daerah lain, karena dalam dua tahun terakhir kita dihadapi masa masa yang sulit dan sampai saat ini kita masih berusaha untuk lepas dari pengaruh dampak pandemi covid-19,” ujarnya.

Menurut Erzaldi, sudah menjadi peran bersama untuk menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang ada, sehingga akan berujung pada kesejahteraan bagi masyarakat. Hal ini semua, katanya, sekaligus menjadi identitas kekompakan seluruh stakeholder, baik pemerintah maupun swasta.

“Hari jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hakikatnya merupakan sarana untuk menumbuhkembangkan rasa persatuan dan kesatuan, kebanggaan daerah, mendorong semangat memiliki dan membangun daerah, serta memperkuat rasa kecintaan masyarakat di wilayah Kepulauan Bangka Belitung,” katanya.

Selain itu, Erzaldi juga menyebutkan dimana Belitung merupakan anugerah yang tak terhingga, karena memiliki keindahan pantai dan alamnya. Sehingga Belitung menjadi populer di mata dunia termasuk Indonesia.

Suatu kebanggan buat kita semua, karena di usia ke-21 ini, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat dilaksanakan di Kabupaten Belitung, Kabupaten yang di karuniai dengan keindahan pantai dan alam nya hingga menjadikan nya populer di mata turis mancanegara dan masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Bukan hanya itu saja Kabupaten Belitung telah di tetapkan oleh Unesco sebagai kawasan Geo Park dunia yang memiliki keunikan giologis dan budayanya.

“Seperti di ketahui, Kabupaten Belitung  sebelumnya dikenal dengan ikon Laskar Pelangi, dan kini lebih dikenal lagi dengan ditetapkannya Geo Park Belitung oleh Unesco, sebagai kawasan Geo Park dunia yang memiliki keunikan giologis dan budayanya,” tutupnya.

Di akhir upacara, dilakukan prosesi penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemprov. Babel bersama dengan 7 kabupaten/kota se-Babel dalam rangka kerja sama pembangunan daerah.

Hadir pada upacara peringatan Hari Jadi ke-21 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di antaranya pimpinan anggota DPRD Babel, Wakil Gubernur Babel, Gubernur dan Wakil Gubernur Babel periode pertama hingga ketiga, Bupati/Walikota serta pimpinan DPRD Kabupaten/Kota, tokoh presidium pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pimpinan instansi vertikal di lingkungan Pemprov. Babel, tokoh masyarakat, dan pemuka agama.(wa)