PDIP Babel Gelar Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar Bagi  Siswa SMP se Pulau Bangka

PANGKALPINANG, LASPELA– Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar lomba cerdas cermat 4 pilar bagi siswa SMP se Pulau Bangka, Sabtu (20/11/2021).

Lomba dengan materi 4 pilar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan wujud kecintaan PDIP atas keutuhan bangsa Indoensia.

Ketua DPD PDIP Bangka Belitung, Didit Srigusjaya mengatakan implementasi 4 pilar merupakan wujud meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan anak muda Indonesia.

Dikatakannya saat ini rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Indoensia sedikit mulai memudar. Oleh karenanya semua komponen bangsa harus menjaga keutuhan bangsa dan negara, termasuk menghomati segala keanekaragaman atau pluralisme yang ada.

“Menjaga NKRI dan keragamannya itu tugas semua komponen bangsa. Termasuk PDIP. Lomba cerdas cermat ini sebagai salah satu bukti konkret PDIP dalam menumbuhkembangkan 4 pilar kepada anak muda Inonesia. Karena anak-anak muda Indoensia lah yang akan menjadi generasi penerus,” ujar Didit dalam sambutannya.

Menurut mantan aktivis vokal mahasiswa yang dimiliki Bangka Belitung ini, berpolitik bukan hanya sekedar kekuasaan saja melainkan mempunyai tujuan utama menjaga kesatuan NKRI, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan kedamaian dan kerukunan antara anak bangsa.

” Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Rektor Unmuh Babel yang memberikan saran agar 4 pilar jangan hanya berupa kegiatan seminar. Kegiatan hari ini sebagai jawaban implementasi bahwasanya PDIP siap mengawal 4 pilar mulai dari kalangan belia,” tutur politisi muda ini.

Bagi PDIP kata Didit, kegiatan 4 pilar sejalan dengan Tri Sakti bung Karno sebagai founding father bangsa Indonesia.

Kemampuan pemikiran dan kepemimpinan Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno memang tidak disangsikan lagi.
Salah satu pemikiran dan konsep yang diungkapkan adalah Tri Sakti. Bung Karno memformulasikan konsep Trisakti, yakni: berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan sebagai bentuk revolusi suatu bangsa.
Falsafah Trisakti yang dinarasikan Bung Karno tersebut sampai sekarang masih sangat relevan. Tiap bangsa, harus memiliki kemandirian untuk dapat disebut merdeka seutuhnya.

Pembukaan Kegiatan lomba cerdas cermat 4 pilar ini dihadiri sejumlah tokoh PDIP pusat mulai dari Krisdayanti anggota komisi IX DPR RI, Rudianto Tjen Wakil Bendaha Umum DPP PDIP,  hingga pejabat di daerah Babel mulai dari Kapolda, Danrem, Ketua DPRD Provinsi, Walikota Pangkalpinang, Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan hingga ketua DPRD Kabupaten/Kota se Babel.

Selain para pejabat, kegiatan itu pula dihadiri Rektor Unmuh Babel, Rektor IAIN, Tokoh Lintas Agama, Pemuda Muhammadiyah, GP Ansor, GMNI, KNPI dan undangan lainnya.(*)