banner 728x90

Waspada Musim Penghujan, Dinkes Bangka Prediksi Adanya Kenaikan Kasus DBD

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

SUNGAILIAT, LASPELA — Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka memprediksi adanya kenaikan kasus Demam Berdarah Dengue atau DBD hingga akhir tahun 2021 mendatang.

Kasi P2M Surveilans dan Imunisasi Dinkes Bangka, Sopianto mengatakan peningkatan tersebut disebabkan seiring dengan peralihan musim panas ke hujan.

banner 325x300

“Januari hingga Agustus 2021 rata-rata hanya terdapat 7 kasus saja, namun memasuki September mengalami peningkatan sebanyak 25 kasus, dan pada bulan Oktober mencapai 27 kasus,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/11/2021).

“Kalau untuk bulan ini baru ada 4 kasus, tapi diprediksi bakal ada kenaikan karena berada di musim penghujan memungkinkan perkembangbiakan jentik nyamuk yang cukup tinggi,” jelasnya.

Hingga saat ini, total kasus DBD di Kabupaten Bangka tercatat sebanyak 113 kasus, dimana tertinggi berada di Kecamatan Sungailiat.

“Tertinggi itu berada di wilayah kerja Puskesmas Kenanga dan Sinarbaru. Peningkatan ini bahkan hampir mendekati dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Namun belum bisa dikategorikan sebagai kejadian luar biasa,” tambahnya.

Meskipun begitu, ia mengatakan belum ada pasien yang meninggal akibat dari DBD langsung.

“Kematian akibat dari DBD langsung belum ada, kemarin ada kasus tapi baru DB (deman berdarah-red) dan ada penyakit penyerta ginjal,” ungkapnya.

Ia mengaku pihaknya dari puskesmas setempat juga sudah menindaklanjuti kasus-kasus tersebut dengan melakukan Penyelidikan Epidemiologi ke rumah-rumah pasien.

“Dalam giat itu, pihak puskesmas melakukan pemeriksaan jentik-jentik nyamuk, melakukan penyuluhan, PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk-red) dan foging. Foging ini kita lakukan dengan radius 200 meter sebanyak dua kali dengan interval seminggu,” terang Sopianto.

Selain itu, ia juga berharap agar masyarakat dapat menggalakkan program gotong royong membersihkan lingkungan sekitar sehingga tidak ada tempat untuk nyamuk berkembang biak.

“Bersihkan juga baju-baju yang digantung agar tidak ada tempat nyamuk bersembunyi. Jika ada gejala awal seperti diare, demam dan bintik-bintik merah, segera periksa ke puskesmas terdekat,” pungkasnya.(mah)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version