Menyongsong Pemilu 2024, KPU Babel Gelar Evaluasi Tahapan Pemilu 2019 & Pemilukada 2020

PANGKALPINANG, LASPELA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat evaluasi tahapan pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu di Bangka Belitung.

Menurut Komisioner KPU Babel Deni, kegiatan tersebut sebagai upaya mewujudkan pelaksanaan pesta demokrasi yang lebih bermartabat kedepannya.

“Sebenarnya ini sebagai upaya untuk mengevaluasi tahapan pelaksanaan pemilu dan pemilukada yang lalu. Kita ingin melihat fakta apa saja yang terjadi dalam pesta demokrasi tersebut,” ujar Deni disela kegiatan rapat evaluasi di Cordella Hotel, Kamis (4/11/2021).

Adapun sasaran dalam kegiatan evaluasi ini lanjut Deni ada 2 komponen. Pertama dari sisi internal KPU sendiri. KPU Babel sebagai leading penyelenggara di tingkat provinsi mengundang KPU Kabupaten/Kota dan mencatat apa saja yang menjadi keluhan dari KPU Kabupaten/Kota.

“Dan hari ini kami mengundang pengurus partai politik se Babel sebagai peserta demokrasi agar mereka juga menyampaikan apa saja yang menjadi keluhan dalam pelaksanaan pemilu dan pemilukada,” jelas Deni.

Dari catatan KPU sendiri sambung komisioner berkacamata ini ada beberapa yang menjadi sorotan evaluasi mulai dari tahapan pemilu, evaluasi partai politik, pencalonan, pungut hitung, data pemilih hingga penyampaian dana kampanye.

“Catatan ini nanti akan kami sampaikan dalam rapimnas KPU RI tanggal 13 sampai 15 November 2021 ini,” tuturnya.

“Harapan lainnya tentunya ada perubahan regulasi mengenai teknis terutama dalam PKPU dan peraturan pelaksana lainnya agar kedepannya lebih baik lagi dan siap menyongsong pemilu 2024,” harapnya.(*)