banner 728x90

Algafry Rahman Resmikan PSC 119 dan Inovasi LA SIAP

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

KOBA, LASPELA- Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman, S.T., meresmikan Pelayanan Public Safety Center (PSC) 119 Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bateng, dan Inovasi Layanan Ambulan Siaga Antar Pasien (LA SIAP), serta Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kabupaten Bateng, bertempat di Halaman Dinkes Kabupaten Bateng, Koba, Jumat (1/10/2021). 

Dalam sambutannya, Algafry mengatakan bahwa PSC dan LA SIAP adalah upaya Pemkab Bateng dalam mewujudkan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat, karena menurutnya mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik merupakan hak dasar seluruh Masyarakat Indonesia, termasuk Masyarakat Bateng.

banner 325x300

“Kehadiran PSC 119 dan Inovasi LA SIAP sebagai bentuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam kegawat-daruratan medis atau pra hospital secara cepat, tepat, dan akurat,” kata Algafry.

Ia juga menyampaikan terkait GERMAS, agar petugas dapat hadir di setiap desa guna mengkampanyekan gerakan hidup sehat untuk masyarakat demi mewujudkan Indonesia Sehat, Produktif, dan Berdaya Saing.

“Kita tingkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat hidup sehat guna mewujudkan tingkat kesehatan yang baik melalui pembudayaan Germas,” katanya.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Rujukan Dinkes Bateng, Fera Hasnita, S.K.M., M.K.M., mengatakan tujuan dari adanya PSC 119 dan Inovasi LA SIAP ini sebagai upaya untuk mengurangi angka kematian.

Ia mencontohkan, jika terjadi kecelakaan, di dalam ambulans LA SIAP ini dapat langsung melakukan penanganan pra-rujukan sebelum sampai di rumah sakit. Vital Sign juga bisa dicek dan apabila terjadi serangan jantung sudah tersedia alat pacu jantung.

“Slogannya ‘Ikak Tugak Kami Pereh’ dapat dihubungi melalui telepon ke 119 atau telepon/ WhatsApp 082373968119. Untuk saat ini tim PSC 119 Bateng terdiri atas 5 orang tim Medis, terdiri dari dokter umum, perawat, bidan, serta tim non-medis yaitu sopir ambulance,” kata Fera.(Jon)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version