Ditinggal Orang Tua Akibat Covid-19, Kini Nurul Badiah Diangkat Anak Asuh & Dijamin Pendidikan oleh Bupati Basel


Oleh: Nopranda Putra



TOBOALI, LASPELA – Dengan kondisi memprihatinkan pasca ditinggal kedua orang tua meninggal dunia akibat Covid-19, kini bocah cilik Nurul Badiah 12 tahun dapat bernafas lega lantaran Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid memberikan jaminan pendidikan sampai bangku kuliah.

Tak hanya itu, perempuan yang masih duduk di bangku sekolah tingkat SMP ini juga akan diangkat oleh Bupati sebagai anak asuhnya.

“Untuk saya akan bertanggung jawab penuh sampai dia kuliah, sampai dia selesai dan sampai cita-cita terpenuhi, tergantung dia kemampuan belajarnya seperti apa dan tingkat keinginannya seperti apa,” kata Riza disela – sela kunjungan dia ke kediaman Nurul Badiah pada Jumat, 3 September 2021.

Ia juga merasa ikut bahagia dan senang bertemu langsung dengan perempuan yatim piatu ini.

“Ya saya merasa berbahagia hari ini, karena bisa bertemu langsung dan mengajak Nurul jalan-jalan bersama supaya bisa mengurangi rasa trauma anak-anak itu bisa hilang,” ujar dia.

Dalam kunjungan itu, Riza juga mengajak Nurul jalan-jalan dan mengajak makan Bakso bersama dan menanyakan kepadanya mau apa dan mau dibelikan apa untuk keperluan sang perempuan berjilbab coklat itu.

“Ngajak keluar, kamu mau apa, dan alhamdulillah kayaknya nurul menemukan ayah baru, saya mecoba untuk menghilangkan traumanya saja dan saya yakin betul beliau akan jadi orang hebat kedepannya,” sebut dia.

Riza juga memohon kepada orang-orang terdekat Nurul untuk dapat membimbing, karena saya tidak bisa setiap saat ada buat adik Nurul.

“Saya sudah nyatakan ini akan tanggung jawab penuh kami, intinya akan tanggung jawab penuh Pemerintah Daerah untuk masalah pendidikan kedepannya nanti,” jelas dia.

Adapun pemberian bantuan dari Bupati Bangka Selatan yakni berupa Laptop, Sepeda, Sembako, Uang santunan dan yang lain-lainnya.

Dalam lawatan tersebut, Bupati didampingi Ketua Baznas Bangka Selatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Sekdin Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bangka Selatan, Camat Toboali, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tim Baher Bangka Selatan dan aparat desa setempat menyerahkan langsung bantuan kepada adik Nurul Badiah di kekediamannya. (Pra)