Tunggu Tanggal Mainnya, Pemkot Siapkan Rumah Subsidi untuk PNS dan Honorer

Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil. (Foto : Dinda/Laspela)

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang menyiapkan rumah subsidi bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun non PNS atau Honorer. Hal ini diungkapkan oleh Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen).

“Untuk perumahan itu tunggu tanggal mainnya, perumahan ini untuk PNS dan non PNS, kita sudah siapkan kok. Mungkin sebulan lagi sudah bisa kita launching,” katanya, Senin (31/5/2021).

Molen memastikan, jika rumah subsidi nantinya telah siap, proses untuk memperoleh rumah tersebut tidak akan menyulitkan PNS maupun honorer yang berminat. Ia berkeinginan untuk memberikan kemudahan agar para pegawainya di lingkungan Pemkot Pangkalpinang bisa mendapatkan rumah tinggal.

“Saya menjamin proses itu tidak berlarut-larut. Selama ini yang bikin mereka repot adalah persyaratan-persyaratannya. “Walikota hadir disini utk memangkas birokrasi. Untuk itu, dengan adanya ini saya ingin melihat pegawai dan honorer saya bisa menikmati punya rumah,” katanya lagi.

Pemkot, dijelaskan Molen akan bekerja sama dengan pihak perbankan dalam proses pengambilan rumah. “Kita akan kerja sama dengan pihak perbankan, sampai sekarang sudah ada yang ready,” ujarnya.

Untuk harga subsidi sendiri, ia memberikan kisaran pada Rp1,1 juta per bulan. Nominal tersebut, diakuinya tidak terlalu memberatkan. “Kita siapkan untuk seluruh ASN Kota Pangkalpinang, boleh siapapun ditawarkan. Ini sifatnya tidak ada pemaksaan cuma menawarkan. Sekarang sudah ready 90 rumah, akan ada lagi nanti, jadi siapa cepat dia dapat. Untuk lokasi sendiri di Pangkalpinang, untuk spesifiknya masih dirahasiakan,” katanya. (dnd)