Home / BANGKA BELITUNG / EDU-BUDAYA / KABUPATEN BANGKA BARAT / NEWS

Selasa, 27 April 2021 - 15:50 WIB

Zakat Fitrah di Babar Rp31.250 per Jiwa, Pendistribusian Diminta Secara Door to Door

MUNTOK, LASPELA – Berbagai unsur pemerintah dan organisasi keagamaan di Bangka Barat (Babar) yakni Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Babar, MUI, Baznas, ormas Islam dan tokoh agama setempat telah menetapkan besaran zakat fitrah, zakat maal, dan fidyah untuk tahun 2021 atau 1442 H.

Kepala Kementerian Agama Bangka Barat H. Syarifudin, ditemui Laspela.com di ruang kerjanya menyebutkan hasil dari pertemuan tersebut menetapkan besaran zakat fitrah di Babar yakni Rp31.250 per jiwa.

“Berdasarkan rapat penetapan besaran zakat fitrah Babar pada tahun ini setara dengan 2,5 kilogram beras. Jika dinilaikan dengan uang harga beras konsumsi masyarakat Babar, senilai Rp12.500 per kilogram,” katanya, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga  HKTI Nanti Diharapkan Terus Menjadi Penyambung Lidah Petani ke Pemerintah

Selain zakat fitrah, ditetapkan pula besaran fidyah sebagai pengganti satu hari puasa yang ditinggalkan senilai Rp20 ribu per puasa. “Bagi orang yang uzur atau halangan syair tidak mampu berpuasa, maka bisa dia diwajibkan membayar fidyah,” ujarnya.

Sementara, ketetapan zakat maal atau zakat harta untuk orang yang memiliki harta minimal Rp71.489.250 dalam satu tahun, wajib mengeluarkan zakatnya sebesar 2,5 persen atau sekitar Rp1.787.231 per tahun, sesuai dengan nishab zakat maal sebesar 85 gram.

“Karena di Babar tidak ada per gram jadi diganti menjadi permata, sehingga 85 gram kali 2.67 mata sama dengan 226.95 mata,” katanya.

Baca Juga  HKTI Nanti Diharapkan Terus Menjadi Penyambung Lidah Petani ke Pemerintah

Syarifudin mengimbau kepada seluruh masjid atau mushala yang ada di Babar untuk segera membentuk badan penerima zakat atau badan amil di daerah masing-masing. “Selain itu imbauan kepada seluruh pengurus, dalam penyaluran zakat tersebut agar dibagikan kepada orang yang berhak menerima,” katanya.

Ia juga menyarankan pihak panitia zakat melakukan pendistribusian zakat secara door to door. “Untuk pendistribusiannya jangan dengan kupon yang menimbulkan kerumunan, tapi disalurkan secara langsung door to door ke rumah-rumah yang berhak menerima,” katanya. (Adi)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

BKKBN Babel Canangkan Bhakti Sosial IBI KB-Kesehatan Guna Mewujudkan Keluarga Berkualitas

BANGKA BELITUNG

Wagub : Pentingnya Kontribusi Masyarakat dalam Jaga Lingkungan dan Pariwisata

BANGKA BELITUNG

Developer Perumahan Gading Permai 1 dan 2 Klaim Sudah Penuhi Site Plan dan SPPL dari DPKPLH Basel

BANGKA BELITUNG

Pedagang Dadakan Banyak Bermunculan di Pasar Koba

BANGKA BELITUNG

Puluhan HP di Wendi Cell Digondol Maling, Rugi Ratusan Juta

BANGKA BELITUNG

Gubernur Erzaldi Siapkan Program Pelatihan dan Sertifikasi Jasa Konstruksi untuk Lulusan SMK

BANGKA BELITUNG

Syafii Efendi Bakar Semangat Enterpreneur Kaum Muda Babel

BANGKA BELITUNG

Polres Bangka Barat Terbangkan 99 Layang-Layang Bernuansa Kemerdekaan RI di Pantai Double Nine
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: