Peringati Hari Kartini, Ini Pesan Ketua Garnita Malahayati Basel kepada Perempuan di Negeri Junjung Besaoh


Oleh: Nopranda Putra



TOBOALI, LASPELA – Memperingati hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April jadikan pesan penting bagi perempuan-perempuan tangguh dalam kesetaraan dengan kaum adam.

Ketua Garnita Malahayati Bangka Selatan, Ellyawati Suhardi mengungkapkan 21 April merupakan hari istimewa bagi kaum hawa di Indonesia. Karena di tanggal tersebut lahir seorang pahlawan nasional RA. Kartini yang dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi nusantara.

Menurut istri dari Ketua DPD Nasdem Bangka Selatan, Suhardi di hari Kartini ini bukan hanya sekedar merayakannya dengan memakai baju kebaya saja, namun lebih memahami apa saja perjuangan RA. Kartini namun diterapkan di era modern ini.

“Mulai dari emansipasi wanita seperti yang diserukan oleh RA. Kartini di eranya. Kalau di era sekarang perempuan Indonesia juga mempunyai hak yang sama dengan kaum pria, namun disisi lain emansipasi wanita bisa diterapkan dengan langkah nyata atau secara sederhana,” kata Ellyawati, Rabu,2 April 2021.

Ia mengungkapkan wanita di era sekarang tidak hanya berfokus dengan kesetaraan gender untuk mendapatkan kesempatan yang sama, tapi bagaimana wanita dapat maju dalam kontribusi pembangunan daerah.

“Makna sebenarnya dari emansipasi wanita yaitu tentang bagaimana wanita dapat berkembang dan maju dari waktu ke waktu tanpa menghilangkan jati dirinya,” terangnya.

Ia menjelaskan, perempuan di Bangka Selatan, khususnya di era Milenial ini dituntut harus lebih mandiri dan multitalent di kehidupan sehari-harinya.

“Mulai seperti mengurus keluarga di rumah, terutama perempuan yang cerdas adalah guru pertama bagi anak-anaknya untuk mencetak generasi penerus bangsa. Tak hanya itu, perempuan juga harus bisa ikut andil untuk menjadi agen perubahan terutama di lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Melalui kesempatan ini, lanjt dia perempuan Bangka Selatan harus bisa menerapkan paham-paham yang dimaksudkan RA. Kartini untuk di aplikasikan di kehidupan sehari-hari di era sekarang.

“Oleh karena itu, dengan melakukan kebaikan yang sederhana saja bisa memberi manfaat bagi banyak orang disekitarnya. Selamat Hari Kartini untuk perempuan Bangka Selatan khususnya dan Indonesia umumnya,” pungkasnya. (Pra))

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Dampingi Dinas Pangan, BPS Babel Ajak Isi Sensus Online

BANGKA BELITUNG

Yan Megawandi Jabat Sekda Babel, Gubernur: Jangan Campuri Politik!

BANGKA BELITUNG

Tantan Imbau Masyarakat Terapkan 5 J

BANGKA BELITUNG

Fezi : Jangan Hanya Bangun-Bangun Tetapi Tidak Ada Lapangan Kerja

BANGKA BELITUNG

Pangkalpinang Diminta Siapkan Pelabuhan Internasional

BANGKA BELITUNG

Bikin ID Card Online, Yuk!

BANGKA BELITUNG

Mahasiswa KKN di Basel, Bupati Minta Beri Contoh dan Jaga Perilaku Baik

BANGKA BELITUNG

Diresmikan Malam Tahun Baru, Molen Bocorkan Konsep Tugu Titik Nol
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: