Home / HUKUM / NASIONAL / NEWS

Selasa, 20 April 2021 - 12:24 WIB

Joseph Paul Zhang Ditetapkan sebagai Tersangka Penistaan Agama

JAKARTA LASPELA – Joseph Paul Zhang, sosok yang mengaku dirinya nabi ke-26 ditetapkan sebagai tersangka oleh Tim penyidik dari Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, atas dugaan penodaan agama. Zhang dijebloskan ke penjara sejak Senin, (19/4/2021) kemarin.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, Brigadir Jenderal Rusdi Hartono menyebutkan, Joseph sempat menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang). “Iya benar, ketika dimasukkan sebagai DPO yang bersangkutan sudah sebagai tersangka,” ujarnya, CNNIndonesia.com, Selasa (20/4/2021).

Joseph akan dikenakan pasal berlapis atas pengakuannya di media sosial yang sempat menggegerkan Tanah Air. Menurut Rusdi, pasal tersebut yakni Pasal 28 ayat (2) Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), berkaitan penyebaran informasi bermuatan rasa kebencian berdasarkan SARA. Pasal lainnya yaitu Pasal 156a KUHP tentang penodaan agama.

Bareskrim saat ini masih melakukan pengembangan kasus. Sebab, Joseph yang bernama asli Shindy Paul Soerjomoeljono bukan seorang Warga Negara Indonesia (WNI), dan diduga telah lama menetap di Jerman.

Polri sendiri sejauh ini telah meminta penjelasan dari para ahli terkait kasus Joseph. Saksi yang dimaksud mulai dari ahli bahasa, ahli sosiologi hukum, hingga ahli pidana. Kepolisian menyatakan akan bekerja sama dengan Interpol untuk menindaklanjuti perkara ini. (**)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Ety : Kita Harus Pergi Berlibur Jangan Bekerja Terus

BANGKA BELITUNG

Mulkan Minta Media Dapat Menyajikan Informasi yang Valid

BANGKA BELITUNG

HIPMI Salurkan Bantuan Peralatan Sekolah untuk Korban Banjir Babar

BANGKA BELITUNG

BBF Siap Digelar Besok, Moge Mulai Padati Jalanan Pulau Bangka

BANGKA BELITUNG

PHRI Jalin Silahturahmi ke Pengurus dan Santunan Anak Yatim

BANGKA BELITUNG

Besok, KNPI Babel Gelar Rapimda

BANGKA BELITUNG

Gubernur Erzaldi Tinjau Peternakan Sapi di Desa Baki

BANGKA BELITUNG

1001 Cara Melati Erzaldi Dukung UMKM
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: