Algafry Rahman Buka Pelatihan Manajemen Ritel Bagi Pelaku UMKM

KOBA, LASPELA– Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman membuka kegiatan Pelatihan Manajemen Ritel Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dilaksanakan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk pengelola jaringan ritel Alfamart bersama dengan Disperindagkop UKM Bateng di Gedung Serba Guna Balai Benih Ikan (BBI) Bateng, Kamis (18/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Bateng juga menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah kepada 100 anak-anak.

Dalam sambutannya, Bupati Algafry Rahman mengucapkan terimakasih atas terlaksananya kegiatan tersebut, dan ia berharap agar apa yang disampaikan bermanfaat bagi pelaku UMKM, khususnya dapat membuka peluang kemitraan pelaku UMKM dengan Alfamart.

“Ini memberikan edukasi kepada para UMKM kita yang terpilih, ada 20 produk unggulan di Bateng yang menjadi cikal bakal nantinya akan ditampilkan di gerai Alfamart,” kata Algafry, Kamis (18/3/2021).

Branch Manager Alfamart Dede Jaya Wardhana melalui Area Manager Amirul Turiyadi mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar para pedagang atau pelaku UMKM memahami manajemen ritel modern.

“Materi yang diberikan untuk para pedagang antara lain, tips mengelola usaha ritel dengan sentuhan modern, tips mengatur persediaan barang (stock), tips menata barang (display), tips mengatur keuangan (cash flow), hingga product knowledge,” ungkapnya.

Menurutnya, tudingan yang ada selama ini bahwa kehadiran ritel modern mematikan warung tradisional tidaklah benar karena menurutnya ritel modern memiliki segmentasi yang berbeda dengan warung tradisional,. Sehingga keduanya bisa hidup dan berkembang secara berdampingan.

“Kegiatan ini sejalan dengan visi perusahaan yaitu menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pemberdayaan pengusaha kecil. Jadi intinya, kami ingin berkembang bersama UMKM,” sambungnya.

Ia menyampaikan bahwa pihak Alfamart mengajak para pelaku UMKM di Bateng untuk dapat menjadi mitra Alfamart.

“Di sini memiliki produk khas yang sangat digemari pasar, jadi bukan tidak mungkin produk tersebut bisa pula dipasarkan di Alfamart,” pungkasnya.(Jon)