Polisi Diminta Tindak Tegas TI Selam di Laut Toboali, PPM Basel: Jangan Tajam ke TI Tungau, tapi Tumpul ke TI Selam

Oleh: Nopranda Putra
*Usut Pemilik dan Penampung Biji Timah Ilegal




TOBOALI, LASPELA – Aktifitas tambang ilegal jenis TI selam kian marak memadati perairan laut Toboali akhir-akhir ini. Menanggapi hal itu, Ketua Markas Cabang Pemuda Panca Marga (PPM) kabupaten Bangka Selatan, Norman Adjis mendesak aparat penegak hukum bertindak tegas terhadap tambang ilegal yang beraktifitas di kawasan area IUP PT Timah tersebut.

“Pihak kepolisian, baik Polda Bangka Belitung maupun Polres Bangka Selatan harus mempunyai sikap tegas menanggapi adanya aktifitas ti selam ilegal di laut Toboali,” kata Norman, Senin, 8 Maret 2021.

Ia menyebutkan aparat penegak hukum jangan pandang bulu jika mau menertibkan ti ilegal yang beroperasi di laut Toboali, karena menurut dia siapapun mempunyai kedudukan yang sama di mata hukum.

“Pihak kepolisian jangan pandang bulu, tindak tegas yang ilegal, jangan hanya TI tungau saja yang ditertibkan, tapi TI selam seakan bermain kucing-kucingan,” ungkap Man Muray sapaan akrabnya.

Menurut dia, dengan maraknya aktifitas TI selam ilegal di laut Toboali dapat memantik potensi kecemburuan sosial terhadap penambang TI tungau yang selalu ditertibkan jika beroperasi di laut Toboali.

“Jangan hanya TI tungau saja yang cepat tanggap ditertibkan, tapi TI selam seakan lamban gerakan dari kepolisian, terkesan ada pembiaran. Jangan sampai masyarakat resah mengganggu aktifitas TI legal dan dapat menimbulkan asumsi bahwa TI selam ini ada oknum-oknum yang bermain,” ujarnya.

Untuk itu ia berharap kepada Kapolda Babel untuk menurunkan personil menertibkan Ti selam, jangan sampai terjadi kericuhan terlebih dulu.

“Kita berharap bapak Kapolda, bapak Kapolres segera bertindak tegas secara hukum terhadap penambang ilegal, pemilik dan termasuk terhadap penampung biji timah nya,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, Dalam video yang beredar, terlihat puluhan unit TI selam tengah beroperasi di laut Toboali yang masuk dalam kawasan Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk pada Minggu, 7 Maret 2021 dini hari.

Guna melancarkan kegiatan tambang ilegal itu, penambang melakukan aktifitas pada malam hingga dini hari secara kucing – kucingan tanpa diketahui pihak kepolisian yang sedang berjaga di Posko Pengamanan Sukadamai.

Tak hanya itu, aktifitas TI selam tersebut juga dilakukan berdekatan dengan PIP bahkan tidak jauh dari KIP dengan suara mesin dompeng bergemuruh di area laut Toboali itu. (Pra)