Gelimang Rekor Ronaldo Usai Sumbang Gol Lawan Spezia

PANGKALPINANG, LASPELA – Cristiano Ronaldo turut menyumbangkan satu gol atas kemenangan 3-0 Juventus vs Spezia pada lanjutan Liga Italia, dini hari tadi. Gol itu ia ciptakan ke gawang Ivan Provedel di menit-menit akhir laga melalui sepakan kaki kiri.

Gol demi gol yang dicetak oleh pemain internasional Portugal itu di sepanjang musim ini, semakin mengukuhkan dirinya masih menjadi andalan Juventus di tahun ketiga berseragam Hitam Putih.

Berikut beberapa catatan penting yang ditorehkan mantan pemain Real Madrid dan Manchester United itu usai laga versus Spezia.

Di musim ini, Ronaldo sudah menyumbangkan 20 gol (hingga pekan ke-25) bersama Juventus di liga domestik, yang membuatnya berada di pucuk daftar capocannonierre, selisih 2 gol dari Romelu Lulaku (18).

Menurut Opta, total gol Ronaldo di liga (20 gol) saat ini menjadikan dirinya sebagai orang pertama yang selalu mencetak lebih dari dua puluh gol di lima liga top Eropa dalam 12 tahun terakhir secara berturut-turut. Yang cukup menarik rekor tersebut ia ciptakan di saat usia yang tak lagi muda, 36 tahun.

Ronaldo juga masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah di Juventus. Peraih 5 Ballon d’Or itu, kini bercokol di 15 besar dengan 92 gol. Ronaldo bahkan hanya berjarak 12 gol saja dari Michel Platini yang menjadi salah satu legenda besar klub asal Kota Turin.

Dengan masih banyaknya laga yang akan dimainkan, bukan tidak mungkin Ronaldo akan melampaui jumlah gol “Le Roi” (Julukan Platini) yang mencetak 104 gol. Hebatnya, Platini harus menunggu hingga lima tahun berseragam Il Bianconerri, sedangkan Ronaldo hanya butuh selama tiga tahun saja (jika di sisa musim ini berhasil mencetak gol tambahan tidak kurang dari 12 gol).

Rekor lainnya yakni selalu mencetak lebih dari 30 gol bersama klub dan negaranya selama 13 tahun. Dengan gelimangan rekor bersama tim maupun individu yang akrab di dalam dirinya, tak sedikit orang mengakui kehebatan pemain yang mengantarkan Portugal menjuarai Euro 2016.

Terakhir, masih menurut Opta, menghadapi Spezia di giornata 25, menggenapkan jumlah pertandingan Ronaldo di liga menjadi 600 laga sepanjang karir profesionalnya. Divisi Dua Portugal (2), Liga Primera Portugal (25), Premier League (196), La Liga (292), Serie A (85).

Lantas, rekor apa lagi yang akan dicetak CR7 dalam waktu mendatang? Kita nantikan saja.(rga)