Home / BANGKA BELITUNG / NEWS / PANGKALPINANG

Senin, 22 Februari 2021 - 15:31 WIB

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dipastikan Akhir Februari 2021

PANGKALPINANG, LASPELA – Pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) yang dilaksanakan serentak pada Rabu, (9/12/2020) lalu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan dilaksanakan pada akhir Februari 2021 ini.

Sebelumnya pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dijadwalkan semula pada 17 Februari 2021 lalu. Hasil rapat Mendagri, Senin (15/2/2021) diputuskan pelantikan pemimpin terpilih akan dilaksanakan pada 26 Februari 2021 mendatang.

“Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih akan dilaksanakan secara virtual atau video conference pada Jumat, (26/2/2021) mendatang,” kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pemprov Babel, Yulizar Adnan saat memimpin rapat persiapan pelantikan Bupati/Wakil Bupati hasil Pilkada Serentak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Ruang Tanjung Pesona Kantor Gubernur Babel, Senin (22/2/2021).

Yulizar mengatakan, pelantikan secara virtual ini berdasarkan surat edaran dari Kementrian Dalam Negeri nomor 131/966/OTDA tanggal 15 Februari 2021, terkait pelantikan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota melalui media teleconference atau video conference.

“Untuk mencegah kerumunan terjadi saat pelantikan, maka sesuai perintah dari Kemendagri pelantikan akan dilakukan secara virtual, karena seperti yang kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 masih ada,” ujarnya.

Ia menyampaikan, untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati nanti hanya tiga kabupaten yakni Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung Timur. Sedangkan untuk Kabupaten Bangka Barat akan menyusul kemudian waktu dilakukan pelantikan.

“Adapun calon Bupati/Wakil Bupati yang akan dilantik nantinya, yakni calon Bupati Kabupaten Bangka Tengah terpilih, Algafry Rahman dengan Herry Erfian, Kabupaten Bangka Selatan, Riza Herdavid dengan Debby Vita Dewi, dan Kabupaten Belitung Timur, Burhanudin dengan Khairil Anwar;” jelas Yulizar.

“Sedangkan untuk calon Bupati Kabupaten Bangka Barat, Sukirman dengan Bong Ming-Ming akan menyusul mengingat untuk Bangka Barat belum habis waktu jabatanya,” lanjutnya.

Ia mengungkapkan, dalam pelantikan tersebut nantinya akan dilantik langsung oleh Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, secara virtual dengan calon Bupati di tempat masing masing, yakni dari Bangka Selatan, Bangka Tengah, dan Belitung Timur.

“Untuk pesertanya juga akan kita batasi hanya 25 orang peserta dan ini sudah termasuk Forkompimda. Dan untuk istri Bupati apakah nanti juga dilantik sebagai ketua PKK, kita masih melakukan konfirmasi ke Kemendagri. Karena biasanya kita untuk ketua tim PKK langsung dilantik satu paket dengan Bupati. Kalau memang disetujui kita akan mengaturnya dan berkoordinasi dengan ketua tim PKK Babel,” tuturnya.

Yulizar menambahkan, untuk pelaksanaan pelantikan secara virtual ini tentunya pemerintah provinsi sudah siap apa saja yang harus dilakukan mulai dari menjaga sinyal, ketersediaan listrik sudah dipersiapkan secara matang untuk kelancaran pelantikan nantinya.

“Kalau masalah sinyal ataupun ketersediaan listrik Insya Allah kita (pemprov babel-red) aman, namun yang dikhawatirkan apakah sinyal di masing-masing kabupaten nantinya lancar, jangan sampai waktu pelantikan terjadi ganggungan jaringan. Untuk itu secepatnya kita akan lakukan koordinasi dengan pihak terkait. Mudah-mudahan pelantikan nantinya bisa berjalan lancar tanpa hambatan sinyal dan sebagainya.(wa)

Share :

Baca Juga

HUKUM

Pesan Damai dari MPR

BANGKA BELITUNG

Samson: Kalau Memang DPP Demokrat Meminta Untuk Maju Pilkada Basel Saya Siap

BANGKA BELITUNG

Upaya Tangkal Paham Terorisme, FKPT Babel Gandeng Media Massa

BANGKA BELITUNG

Seluas Lima Hektar  Hutan di Wilayah Kabupaten Bangka Terbakar

BANGKA BELITUNG

Narkotika Mendominasi Pemusnahan Barang Bukti Kejari Bateng

BANGKA BELITUNG

Papinka Valley Promo Keliling Dunia

BANGKA BELITUNG

Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha, Bappeda Babel Berbagi kepada Anak Yatim Piatu dan Disabilitas

NASIONAL

Wacana Dana Saksi Dibiayai Negara, Parpol Harus Siap Diaudit
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: