Antusias Warga Desa Benteng Kota Ikuti Layanan Kesehatan Mobil Sehat PT Timah

TEMPILANG, LASPELA – Komitmen PT Timah Tbk untuk memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan terus dilakukan.

Mobil Sehat ini berkeliling ke seluruh wilayah operasional perusahaan, dimana kali ini Mobil Sehat PT Timah hadir di Desa Benteng Kota Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (17/2/2021). Sebelumnya hadir di Sungailiat dan Desa Tanjung Gunung.

Mobil Sehat PT Timah Tbk dilaunching pada akhir tahun lalu, dengan menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat, ibu hamil dan anak-anak. Pelayanan kesehatan yang bisa dilakukan mobil sehatdiantaranya ialah pemeriksaan kesehatan rutin seperti, tensi, pemeriksaan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, dan konsultasi kesehatan.

Mobil Sehat ini juga dilengkapi dengan tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan. Selain itu, juga terdapat bilik konsultasi, bilik pemeriksaan, tandu. lemari obat dan peralatan kesehatan lainnya yang menunjang pemeriksaan kesehatan masyarakat.

Puluhan warga sekitar tampak antusias hadir untuk mendapatkan layanan pemeriksaan secara gratis, meski rela mengantri menunggu giliran untuk diperiksa.

Selain warga yang datang langsung ke lokasi, ada beberapa lansia yang dijemput oleh tim medis ke rumah untuk dibawa ke layanan Mobil Sehat. Bahkan ada seorang warga terpaksa diobati di kediamannya lantaran tak bisa berjalan lagi.

Seperti hal yang dirasakan Atin (75) salah satu warga Desa Benteng Kota, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat yang menderita stroke terpaksa harus dijemput oleh tim medis ke rumahnya lantaran tak bisa berjalan.

“Saya bersyukur dengan adanya pelayanan kesehatan yang diberikan PT Timah ini sangat berarti bagi pengobatan ibu saya, dimana bisa mendapatkan obat dan berkonsultasi dengan dokter secara gratis,” kata Ayu saat mendampingi ibunya yang sedang mendapatkan layanan dari tenaga medis Mobil Sehat.

Ayu mengatakan, sang ibu sudah lima bulan menderita stroke. Sebagai anak dirinya tidak bisa berbuat banyak terhadap kesembuhan ibunya. Apalagi dirinya hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

“Selama lima bulan ini ibu saya baru satu kali sempat kontrol di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang. Dan sampai sekarang tidak ada kontrol mengingat biayanya hampir Rp400 ribu, jadi kita gak sanggup. Makanya dengan adanya program PT Timah ini, saya merasa bersyukur dan alhamdulillah ibu saya bisa berobat. Sekali lagi, terima kasih PT Timah,” ucap Ayu.

Senada dengan Jumadi (70) mengaku bersyukur atas adanya layanan pemeriksaan gratis yang dihadirkan PT Timah Tbk melalui program mobil sehat ini.

“Saya disini hanya mengecek tensi darah dan asam urat, karena seminggu yang lalu saya periksa di puskesmas tensi darah saya 180/120,” tuturnya.

Dikatakan Jumadi, meski hanya mengecek tensi darah, dirinya merasa bersyukur adanya pelayanan kesehatan Mobil Sehat dari PT Timah ini. “Setidaknya dengan adanya pelayanan ini bisa membantu masyarakat disini untuk berobat atau periksa kesehatan secara gratis.

“Saya berharap program ini rutin minimal satu bulan sekali. Karena kami merasa sangat terbantu, mengingat tidak punya biaya untuk berobat ke rumah sakit. Sekali lagi saya hanya ucapkan terima kasih kepada PT Timah,” harapnya.

Sisi lain, Marhadi (59), warga RT 07 Desa Benteng Kota mengaku bersyukur atas adanya layanan pemeriksaan gratis ini.

Dia menyebutkan, sudah hampir enam tahun mengidap sakit mulai dari ngilu-ngilu, gula hingga lambung. “Saya jarang berobat, karena faktor biaya. Disini paling saya hanya berobat di bidan dan konsumsi obat warung, tapi gak ada reaksi apa,” jelasnya.

“Ketika Pak Kades memberitahukan adanya layanan kesehatan Mobil Sehat PT Timah ini, saya sangat bersyukur. Semoga setelah di periksa oleh tim medis PT Timah, ada solusi untuk penyakit saya ini,” harapnya.

Sementara, Kades Benteng Kota, Saprul menyambut baik program mobil sehat yang diadakan PT Timah melalui program CSR-nya. Menurutnya, ini merupakan suatu gebrakan dan tindakan nyata kepedulian dari PT Timah.

“Kegiatan ini berawal ketika PT Timah menyampaikan program ini kepada kita. Jadi kami langsung gerak bikin panitia dan ini baru bagi kami, pertama kali juga. Dan di Tempilang baru inilah yang pertama di desa kami. Makanya, kami langsung mendata warga yang sedang sakit terutama mereka yang tidak mampu,” ungkapnya.

“Kita data dan undang mereka untuk hadir di sini. Kalau mereka dalam keadaan tidak mampu datang, kita jemput dengan melalui mobil operasional pemerintah desa,” lanjut Saprul.

Dari hasil pendataan itu, disampaikan Saprul ada sebanyak 40 warga yang membutuhkan layanan kesehatan yang terdiri dari anak-anak, ibu menyusui dan lansia.

“Alhamdulillah warga begitu antusias untuk mendapatkan layanan ini. Biasanya, warga berobat posyandu, poswindu dan puskesmas dengan menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan baik itu mandiri, atau PBI, tapi ada juga sebagian warga kita yang gak punya dan sedang kami usulkan.

“Makanya dengan adanya program Mobil Sehat ini, sangat membantu warga kami yang tidak mampu, setidaknya bisa mengurangi beban mereka. Saya selaku kades, tentunya mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari PT Timah. Kami harap program ini bisa terus berlanjut terutama di desa kami ini,” terangnya.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan, PT Timah Tbk, Anggi Siahaan menyebutkan, mobil sehat ini merupakan komitmen PT Timah untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya di wilayah operasional perusahaan. Hal ini juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau yang dikenal dengan Suistanable Development Goals atau SDG’s.

Sejalan dengan SDG’s, pada sektor kesehatan komitmen perusahaan diatantaranya peningkatan akses dan mutu layanan kesehatan masyarakat. Pada aspek ini, PT Timah terus berkomitmen untuk konkrit melaksanakan program, salah satunya melalui mobil sehat.

“Melalui mobil sehat ini, kita berharap pelayanan kesehatan masyarakat lebih dekat karena kita mendatangi langsung ke masyarakat. Selain itu, mobil sehat ini tidak hanya datang sekali, namun nantinya akan datangi kembali ke wilayah. Mobil sehat akan berkeliling mendatangi masyarakat,” katanya.

Anggi berharap, melalui pelayanan kesehatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas masyarakat, meringankan beban masyarakat yang jauh dari askes kesehatan, memetakan status kesehatan masyarakat khususnya manula, balita dan ibu hamil.

“Melalui mobil sehat ini diharapkan masyarakat lebih mudah menjangkau pelayanan kesehatan, semoga mobil sehat ini terus memberikan manfaat bagi masyarakat,” tutup Anggi.(wa)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Rudi Bantah Menambang di Air Rembang

BANGKA BELITUNG

Bupati Santuni Anak Yatim dan lansia di Desa Petaling

BANGKA BELITUNG

Puskesmas dan Polsek Airgegas Gelar Rapid Antigen Massal, Kapolsek: 27 Orang Positif Covid-19

BANGKA BELITUNG

Kepala BPBD Ini Sebut Peralatan Bencana Cukup

BANGKA BELITUNG

Polres Basel Bentuk Satgas Pemakaman Jenazah Covid-19

BANGKA BELITUNG

Maret, Museum Kain Cual Babel Diresmikan

BANGKA BELITUNG

Resmi Dilantik, KNPI Nyatakan Siap Bersinergi Bangun Babel

KABUPATEN BANGKA TENGAH

Tempat Wisata Aik Mahali Park Belilik Terbengkalai Tak Terawat
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: