Home / BANGKA BELITUNG / KABUPATEN BANGKA / NEWS

Selasa, 16 Februari 2021 - 19:34 WIB

Perkuat Literasi, Mahasiswa KKN Unmuh Babel Kembangkan Rumah Baca di Dusun Keceper

PEMALI, LASPELA — Mahasiswa KKN Universitas Muhamadiyah Bangka Belitung membantu masyarakat dalam mengembangkan rumah baca yang berada di Dusun Keceper, Desa Penyamun, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (16/2/0/2021).

Para mahasiswa KKN ini mulai melakukan kegiatannya dengan membersihkan gedung PAUD yang sudah satu tahun terakhir tidak terpakai untuk dijadikan sebagai rumah baca.

Salah satu mahasiswa, Epa Yulia mengatakan rumah baca ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan khususnya bagi masyarakat desa setempat.

“Selain melakukan bersih-bersih, kami juga membagikan brosur kepada masyarakat mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di rumah baca,” ungkapnya.

Ia menambahkan, rumah baca di Dusun Keceper ini juga dilengkapi beragam buku bacaan, mulai dari fiksi (cerita anak-anak, komik bergambar dan Novel) juga non fiksi (ilmu pengetahuan dan pelajaran).

“Rumah baca ini adalah salah satu pelopor literasi di pelosok desa yang bertahan dengan kesederhanaannya. Meski jauh dari kesan mewah dan apa adanya, rumah baca ini berbekal asa yang melambung tinggi dengan tujuan yang mulia. Karena belum ada anggaran yang lebih, rumah baca pun terpaksa menggunakan gedung PAUD yang sudah setahun terakhir tidak digunakan untuk dijadikan sebagai rumah baca,” tambahnya.

Ia berharap dengan adanya rumah baca tersebut dapat kembali meningkatkan minat baca masyarakat yang kini sudah mulai luntur, sehingga dapat memperkuat literasi di pedesaan.

“Tentunya ini harapan kami dan juga masyarakat, agar kedepan rumah baca memiliki gedung sendiri yang memadai, sehingga anak-anak bisa datang lebih rajin untuk membaca. Itu sudah jauh lebih cukup,” tuturnya.(mah)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Isfahani dan Tifani Duta Terpilih Bujang Miak 2019 Bangka

BANGKA BELITUNG

Bateng Bakal Jadi Pusat Produksi Bawang Merah di Babel

BANGKA BELITUNG

Perlu Sinergi Dorong Percepatan Pembangunan di Babel

BANGKA BELITUNG

Dirjen PKT Kunker ke Kota Terpadu Mandiri Batu Betumpang Basel

BANGKA BELITUNG

Pemkab Bangka Salurkan Satu Ton Bahan Pangan Untuk Korban Bencana Sulawesi Barat

BANGKA BELITUNG

“Bangka Cultural Wave”, Wujud Kebangkitan Pariwisata Bangka

BANGKA BELITUNG

Bangka Tengah Siapkan Skema Bekerja Bagi ASN Jika New Normal Diterapkan

BANGKA BELITUNG

IKT Tetap Bergerak Walau Berjarak, Buka Donasi untuk Masyarakat Terdampak Covid-19
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: