TNI/Polri dan PT Timah Bedah Rumah Warga Tak Layak Huni di Toboali

Oleh: Nopranda Putra



TOBOALI, LASPELA – Komandan Korem (Danrem) 045 Garuda Jaya (Gaya) Bangka Belitung (Babel) Brigjen TNI Jangkung Widiyanto didampingi Komandan Kodim Kolonel Infanteri Pujud Sudarmanto dan Kapolres Bangka Selatan AKBP Agus Siswanto menyerahkan secara simbolis kunci pada bedah rumah bersama TNI/Polri dan PT Timah Tbk untuk keluarga Amril yang berada di RT 1 RW 5 Kelurahan Tanjungketapang, Kecamatan Toboali.

Dalam kesempatan itu, Danrem 045/Gaya Babel Brigjen Jangkung mengatakan bedah rumah ini merupakan inisiator dari Kapolres Bangka Selatan, karena dinilai tidak layak huni.

“Hari ini saya menyerahkan kunci rumah yang digagas Pak Kapolres, Pak Dandim dan PT Timah Tbk untuk keluarga Pak Amril. Karena kemarin rumah beliau sudah dalam kondisi tidak layak, hari ini sudah selesai semua dikerjakan dan langsung saya serahkan kuncinya,” kata Brigjen TNI Jangkung, Rabu (10/2).

Jenderal bintang satu itu menyebutkan, rumah yang telah dibedah ini sudah bisa ditempati, dirawat dan dijaga dengan baik oleh keluarga Amril.

“Setelah dibedah rumah, bangunan ini sudah bisa ditempati oleh pemiliknya dan keluarga, dijaga dan dirawat,” sebutnya.

Sementara itu, Kapolres Basel AKBP Agus Siswanto menambahkan kegiatan bedah rumah untuk keluarga Amril ini lantaran kondisi sebelumnya sudah tidak layak lagi dihuni, karena sudah banyak yang rusak baik atap yang sering bocor jika hujan, maupun lantainya juga.

“Alhamdulillah hari ini rumah sudah selesai dikerjakan dan tadi kuncinya sudah diserah terimakan kepada Pak Amril oleh Pak Danrem. Untuk proses pengerjaan sendiri menghabiskan waktu selama 14 hari secara swadaya oleh personel TNI dan Polri bersama tukang,” kata Kapolres.

Diungkapkan kapolres, anggaran untuk bedah rumah tersebut senilai Rp 45 juta bersumber dari kerjasama TNI/Polri bersama PT Timah Tbk. “Kurang lebih bangunan bedah rumah ini capai Rp 45 juta bantuan dari PT Timah dan TNI/Polri,” ungkapnya.

Menurut Kapolres bedah rumah ini akan kembali dilaksanakan kedepannya. Saat ini pihaknya sudah melakukan inventarisir rumah rumah tak layak huni mana saja yang akan dilakukan pembedahan di wilayah Bangka Selatan.

“Ada lagi nanti, mungkin dua bedah rumah warga lagi, satu sudah dapat lokasinya yang satu lagi masih kita cari, untuk keluarga Pak Amril saya harap bisa tempati rumah baru dengan layak, sehat supaya bisa melindungi keluarga yang menghuninya dari cuaca panas dan hujan,” ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu Danramil Toboali Mayor Inf Istiyari, Kasat Intel IPTU Bayumi dan Kepala Bidang Pengawasan Tambang, Pengangkutan PT Timah di Bangka Selatan, Sindu. (Pra)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

BPJS Kesehatan Fokus Tingkatkan Mutu Layanan Faskes Pertama

BANGKA BELITUNG

PIP Ilegal Diberi Waktu Seminggu Tanpa Aktifitas Untuk Tinggalkan Laut Toboali

BANGKA BELITUNG

Bangka City Hotel Gelar Baksos Donor Darah

HEADLINE

Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Terbaik Eropa 2015-2016

BANGKA BELITUNG

PMI Pangkalpinang Berhasil Kumpulkan 128 Kantong Darah

BANGKA BELITUNG

Gabungan Nelayan Tolak Aktivitas Tambang di Perairan Bembang, Sungai Buluh Jebus

BANGKA BELITUNG

Waspadai Ketinggian Gelombang 2-4 Meter di Babel

BANGKA BELITUNG

Purna Paskibraka Babar Diminta Jadi Duta Antinarkoba
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: