Budidaya Ikan Tawar di Lahan Bekas Tambang, Pesantren Ibnu Sabil Panen Ikan Lele

BANGKA TENGAH, LASPELA – Pondok Pesantren Ibnu Sabil di Cambai, Bangka Tengah panen perdana panen ikan lele yang dibudidayakan di lahan bekas tambang di kawasan pesantren, Senin (8/2/2021).

Pada panen perdana ini menghasilkan puluhan kilo ikan lele yang akan dijual dan juga dikonsumi untuk kebutuhan pondok pesantren.

Pondok Pesantren Ibnu Sabil di Cambai, Bangka Tengah bekerjasama dengan PT Timah melalui CSR bidang PPM untuk memanfaatkan lahan bekas untuk budidaya ikan lele, nila dan gurami. Budidaya dengan menggunakan sistem kerambah jaring apung.

Melalui kerjasama budidaya ikan air tawar di lahan bekas tambang ini, para santri di Pondok Pesantren bisa memanfaatkan tambak ini untuk belajar sehingga tidak hanya belajar akademik saja tapi juga meningkatkan keterampilan membudidayakan ikan air tawar di lahan bekas tambang.

Salah satu uztaz di Pondok Pesantren Ibnu Sabil Cambai, Bangka Tengah, Fauzan mengatakan, hasil panen ini dijual dan juga dikonsumsi untuk para santri di Pondok Pesantren. Menurunya, untuk masyarakat lokal di Desa Cambai cukup besar minatnya untuk mengkonsumi ikan lele.

“Untuk lele yang besar kita jadikan untuk indukan, ada yang kita jual dan juga kita konsumsi untuk Pesantren. Dari CSR PT Timah ini program PPM jadi nanti arahnya kita bisa mandiri dan terus mengembangkan budidaya ini,” katanya.

Menurutnya, pihaknya sebelumnya telah menebar 10 ribu ekor bibit lele dan nila dan 1500 ekor ikan gurami. Ini baru tahap pertama, rencananya akan kembali dilaksanakan penebaran bibit tahap kedua.

“Kami bersyukur dengan program CSR PT Timah, karena mereka tidak hanya memberikan bantuan dan tidak melepaskan tanggungjawab begitu saja, tapi mereka juga datang melihat perkembangan, ikut memonitoring dan intinya ada pendampingan,” katanya.

Pihaknya menyampaikan aperesiasi program pembinaan yang dilakukan PT Timah, pasalnya banyak manfaat yang diperoleh dari program ini.

“Alhamdullillah banyak terimakasih kepada PT Timah, kita memanfaatkalan lahan bekas tambang dan ini banyak manfaat karena ini juga menjadi sarana edukasi pembelajaran di luar kelas, terus juga bisa memberikan pendapatan dan manfaat lainnya,” tutupnya.rill/(wa)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Perppu Ormas Jadi Landasan Pemerintah

BANGKA BELITUNG

Pemkab Bangka Raih Penghargaan Kabupaten  Layak Anak, Ini Tanggapan  Syahbudin

BANGKA BELITUNG

Akhir 2021 TPA Trafo Mayang Tak Bisa Tampung Sampah Lagi

BANGKA BELITUNG

Safari Ramadhan di Belinyu, Direksi PT Timah Santuni 500 Anak Yatim

BANGKA BELITUNG

Agar Bisa Memandu dan Menyambut Wisatawan Manca Negara, Desa Terong Beri Pelatihan Bahasa Inggris

BANGKA BELITUNG

Dinilai Berprestasi dalam Kaidah Teknik Pertambangan, PT. Timah Terima Trophy

BANGKA BELITUNG

Pendaftaran Ditutup, Verifikasi Caketum KONI Bateng 2020 Dimulai Hari Ini

BANGKA BELITUNG

Dalam Rangka HUT Ke-46, PDI Perjuangan Gelar Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: