Home / BANGKA BELITUNG / NEWS / PANGKALPINANG

Senin, 8 Februari 2021 - 21:44 WIB

Pemprov Babel dan BUMN Fokus Bantu UMKM

PANGKALPINANG, LASPELA – Dalam upayanya mendorong daya ungkit di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai langkah pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diminta untuk secara fokus dan berperan aktif membantu, sehingga para pelaku UMKM dapat terus melakukan produksinya.

Upaya ini dilaksanakan agar sejalan dengan program stimulus ekonomi yang menyentuh sektor UMKM dan selama ini telah dilaksanakan oleh Pemprov. Babel.

“Program CSR yang telah diluncurkan oleh masing-masing perusahaan dapat digunakan untuk membantu para pelaku UMKM melalui pembinaan, permodalan dan pendampingan,” kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat memimpin Rapat koordinasi bersama Forum BUMN Wilayah Bangka Belitung, terkait langkah-langkah strategis percepatan pemberdayaan UMKM, di Ruang Rapat Tanjung Pendam, Senin (8/2/2021).

Ditambahkannya, selama ini perusahaan BUMN dalam peluncuran CSR berjalan masing-masing. Dengan pertemuan ini, CSR yang merupakan tanggung jawab perusahaan dapat lebih terarah serta manfaatnya dirasakan lebih kuat oleh masyarakat.

CSR ini masih menurut Erzaldi, jangan dijadikan sebuah keharusan, tetapi lebih dari itu harus dimaknai untuk betul-betul membantu ekonomi masyarakat.

Bantuan yang diberikan kepada para pelaku UMKM tersebut diharapkan agar berkelanjutan dan dapat berkembang.

“Pelaku UMKM yang diberi bantuan hendaknya tahun depan sudah dapat berkembang dan mandiri. Tanpa ada pembinaan, pendampingan serta perencanaan yang baik pasti tidak akan berhasil,” jelasnya.

Oleh sebab itu, tahun ini pihaknya sengaja mengundang Forum BUMN untuk mengetahui berapa CSR yang akan diluncurkan untuk daerah. Selanjutnya melalui pengelolaan yang dilakukan oleh Forum BUMN dibagikan kepada para pelaku UMKM di seluruh Bangka Belitung.

Dengan demikian dapat dilakukan bersama-sama, juga dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota sehingga hasilnya menjadi kuat.

“Dengan cara ini kita dapat mengetahui perusahaan mana saja yang membantu dan pelaku usaha apa saja yang dibantu. Insyaallah tahun depan UMKM dapat naik kelas,” terangnya.

Dalam memberikan bantuan ini, perusahaan juga diharapkan memberikan fasilitas KUR untuk kemudahan pembiayaan para pelaku UMKM.

Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah yang ikut hadir dalam pertemuan ini menyampaikan, agar pelaku UMKM dapat terus bertahan, dibutuhkan peningkatan kualitas produk dan kemasan, serta pendekatan akses permodalan. Diharapkan perusahaan yang tergabung dalam Forum BUMN ini dapat bersinergi membantu pelaku UMKM.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elfiyena dalam paparannya menjelaskan tentang Kebijakan Pemberdayaan UMKM di Pemprov Babel.

“UMKM di Babel saat ini mencapai 161.186 pelaku usaha. Di masa pandemi Covid-19 ini beberapa di antaranya terdampak,” ucapnya.

Ia menambahkan, Pemprov Babel terus berupaya membantu pelaku UMKM melalui pendampingan, pembinaan dan memberikan kemudahan akses permodalan. Juga seminar untuk meningkatkan SDM serta membantu pemasaran melalui digital.

“Maka itu kami mengajak perusahaan BUMN di Babel untuk bersinergi mendorong pelaku UMKM dapat lebih maju,” tutup Elfiyena.

Ikut hadir dalam pertemuan ini, Forum BUMN Bangka Belitung yang diketuai Pimpinan Bank Mandiri, Saiful, beberapa kepala perangkat daerah di lingkup Pemprov Babel, serta pimpinan perusahaan BUMN di Wilayah Bangka Belitung.(wa)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Erzaldi Ingatkan Anggota DWP Babel Untuk Tidak Terlalu Menuntut Berlebihan Kepada Suami

BANGKA BELITUNG

Ketua DPRD Babel Ajak Pemuda Muhammadiyah Bangun Bangka Belitung

BANGKA BELITUNG

Adet Mastur : DPRD Babel Masih Menunggu Bupati/Walikota Sampaikan Usulan RZWP3K

BANGKA BELITUNG

Lomba Masak Ikan Isi Hari Pertama Rangkaian Acara TCOF Season 4

BANGKA BELITUNG

Sanem Minta Pemborong Perbarui Toliet Wisata

BANGKA BELITUNG

Peduli Jurnalis, Gubernur Kirim Staf Khusus Jenguk Wartawan yang Sakit

BANGKA BELITUNG

Bupati Bateng Berikan Kursi Roda Bagi Warga yang Sakit Lumpuh

BANGKA BELITUNG

Anggota Komisi 3 DPRD Basel Tinjau Pembangunan Rumah Layak Huni di Desa Ranggung
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: