Perkara Tipikor DAK Fisik 2019 Dinas Pendidikan Basel Masuk Babak Baru


Oleh: Nopranda Putra



TOBOALI, LASPELA – Setelah melakukan penahanan terhadap dua terdakwa Apriyansyah alias Jansen dan Ardiyansyah alias Riyan pada kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) kegiatan pembangunan prasarana sekolah Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2019 oleh Kejaksaan Negeri Bangka Selatan pada akhir bulan November 2020 lalu, tim penyidik kejaksaan kembali melakukan pemeriksaan terhadap 31 orang saksi.

Kepala Kejari Bangka Selatan, Mayasari melalui Kepala Seksi Intelijen Dody Prihatman Purba mengatakan dalam kasus tersebut pihaknya sudah memanggil dan memeriksa sebanyak 105 orang saksi.

“Hingga sekarang, kasus ini sudah sampai tahap akhir pemberkasan. Setelah itu, kalau berkas sudah lengkap sempurna, nanti kita masuk kedalam tahap pra penuntutan,” kata Dody kepada wartawan, pada Rabu, (3/2).

Dody juga menuturkan, pihaknya akan melakukan proses penyerahan berkas dari penyidik jaksa ke pelimpahan pengadilan untuk segera disidangkan.

“Setelah jaksa menyatakan berkasnya sudah lengkap, maka akan dilimpahkan ke pengadilan dan akan disidangkan secepat mungkin,” jelasnya.

Tak sampai itu, Kejari Bangka Selatan juga sudah memeriksa anggaran sebesar Rp 6 miliar dari Rp 17 miliar pada kasus tipikor tersebut. Dan menyelamatkan keuangan negara Rp 277,6 juta.

“Sampai dengan saat ini, kita sudah berupaya menyelamatkan keuangan negara yaitu sebesar Rp 277.645.700,-,” ujarnya.

Hanya saja, terang dia untuk total kerugian negara saat ini pihaknya belum bisa memastikan secara akurat berapa nominal kerugian negara yang diakibatkan oleh tipikor fisik DAK Dindik itu. Dan untuk besaran uang yang disebutkan itu, lanjut Dody, merupakan uang yang disetorkan oleh 33 kepala sekolah dari 36 kegiatan.

“Untuk total kerugian negara, pada saat ini kami belum bisa menyampaikan secara real, karena masih proses penghitungan oleh ahli, dan tahap penyidikan saat ini juga masih proses tahap penyempurnaan pemberkasan, yaitu pemeriksaan ahli dan hasil akhir penghitungan kerugian negara oleh ahli,” terangnya. ( Pra)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Pemprov akan Kembangkan Pelabuhan Manggar Buka Akses ke Kalimantan Timur

BANGKA BELITUNG

Babinsa Koramil 431-01/ Jebus Gelar Army Goes to School

BANGKA BELITUNG

Gubernur Babel Panen Kacang Tanah di Perkebunan SMKN 1 Pertanian Pulau Besar

BANGKA BELITUNG

Tanggapi Keluhan Masyarakat, Kadisdik : Semua Akan Kita Tampung, Tidak Ada Yang Tercecer

BANGKA BELITUNG

Ini Daftar Pemenang Lomba Senam Bedincak Piala Gubernur

BANGKA BELITUNG

Zaidan: Karena Hukum Itu Ruhnya Adalah Keadilan

BANGKA BELITUNG

KPK Segera Tindaklanjuti Laporan Terkait Perambahan Hutan Lindung di Babel

BANGKA BELITUNG

GP Ansor Babel Tolak Intoleransi
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: