Puluhan Lansia Desa Tanjung Gunung Dapatkan Pelayanan Kesehatan Mobil Sehat PT Timah

BANGKA TENGAH, LASPELA – Hujan yang mengguyur Alun-alun Desa Tanjung Gunung tak menyurutkan semangat antusias puluhan lansia di Desa Tanjung Gunung untuk mendapatkan pelayanan kesehatan melalui Mobil Sehat PT Timah Tbk, Kamis (28/1/2021).

Para lansia tertib menerapkan protokol kesehatan menunggu giliran untuk diperiksa tenaga kesehatan di mobil sehat PT Timah. Mereka bercengkarama menceritakan keluhan kesehatan yang dialami.

“Nama ge kita lah tua, banyak penyakit. Badan ngilu semua, batuk, demem apa agik musim hujan, pelayanan kesehatan gratis ni lah yang memang kita tunggu,” kata Jainah saat mengantri.

Biasanya para lansia ini mendapatkan pelayanan kesehatan melalui kegiatan Posyandu bulanan. Namun, di tengah pandemi Covid-19 ini tak jarang pelayanan posyandu tak serutin biasanya. Mereka hanya bergantung pada obat-obat yang dibeli di warung ataupun obat-obat yang didapatkan dari Posyandu tanpa memeriksakan kesehatannya.

Begitu mendapat undangan dari RT Setempat untuk memeriksakan kesehatannya, mereka bersyukur karena bisa kembali memeriksakan kesehatan, mendapatkan obat dan berkonsultasi dengan dokter langsung secara gratis.

“Saya puasa dari jam 9 malem, karena mau periksa kesehatan hari ini. Mau ngecek gula darah. Bersyukur sekali dengan mobil sehat ini gratis pula, bisa periksa kesehatan langsung. Biasanya kami di Posyandu, tapi bulan ini enggak ada posyandu jadi Cuma makan obat yang ada,” kata Jainah.

Senada, Suryati mengatakan dirinya diberikan beberapa obat-obat dari mobil sehat, namun dalam dua minggu kedepan dirinya harus kembali memeriksakan kesehatan untuk mengecek tensi darahnya.

“Bersyukur saya ada pelayanan kesehatan, tadi dikasih obat karena darah tinggi jadi dua minggu lagi saya disuruh cek darah lagi. Tapi ini dikasih obat, konsultasi dengan dokternya juga ramah. Semoga sering-sering ya ada mobil sehat ini, jadi kami tidak jauh-jauh untuk berobat,” harapnya.

Kepala Desa Tanjung Gunung Muslim mengatakan, hadirnya mobil sehat memberikan pelayanan kesehatan ini merupakan bentuk kepedulian PT Timah kepada masyarakat Tanjung Gunung. Ia berharap, mobil sehat PT Timah ini tidak hanya sekali tapi juga sering datang ke desa mereka.

“Sebetulnya banyak masyarakat kami yang mau berobat, tapi karena terbatas pandemi Covid-19 jadi dibatasi. Kami berharap ini tidak hanya sekali tapi sering. Kami apresiasi kepada PT Timah ini adalah wujud kepedulian PT Timah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Tidak hanya bantuan fisik tapi juga pelayanan kesehatan ini,” kata Muslim.

Muslim menjelaskan, PT Timah sudah kerap membantu masyarakat desa Tanjung Gunung, Ia berharap sinergi akan terus terjalin sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan langsung kontribusi PT Timah.

“Bantuan PT Timah kepada masyarakat kita sudah sering, dan kita berharap sinergi PT Timah dengan Desa dan masyarakat terus terjalin seperti ini,” harapnya.

Bidan di Desa Tanjung Gunung, Siti Mudrikah berharap pelayanan kesehatan ini sangat membantu tenaga medis dan masyarakat. Ia berharap, kedepannya mobil sehat ini memberikan pelayanan khusus bagi ibu hamil dan anak-anak.

“Sebagai pertugas kesehatan kami merasa terbantu dengan mobil sehat ini, kami berharap ada kegiatan yang lagi khusus ibu hamil, balita dan remaja, kedepannya kita breharap ini berkelanjutan dan kita bisa bertukar data, misalnya dari pemeriksaan hari ini apa yang bisa kami tindaklanjuti di Puskesmas, kita juga bisa bersinergi untuk penanganan stunting,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan, mobil sehat merupakan komitmen PT Timah Tbk untuk memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Tak hanya itu, dalam pelaksanaan CSR PT Timah mengadopsi tujuan pembangunan berkelanjutan atau yang dikenal dengan Sustainable development goals atau SDG’s. Dimana peningkatan akses dan mutu layanan kesehatan masyarakat. Untuk meningkatkan layanan kesehatan ini, salah satunya melalui mobil sehat.

“PT Timah berupaya memberikan pelayanan kesehatan dasar, tidak hanya pelayanan kesehatan gratis tapi juga memetakan status kesehatan masyarakat. Mobil sehat ini akan berkeliling ke seluruh wilayah operasional perusahaan, untuk saat ini masih khusus di Pulau Bangka. Nanti mobil sehat akan kembali lagi sini,” kata Anggi.

“Kami berharap kehadiran Mobil Sehat Timah ini dapat membantu masyarakat,” sambungnya.

Mobil sehat PT Timah Tbk dilaunching pada akhir tahun lalu, dengan menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat, ibu hamil dan anak-anak. Pelayanan kesehatan yang bisa dilakukan mobil sehatdiantaranya ialah pemeriksaan kesehatan rutin seperti, tensi, pemeriksaan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan kolesterol, dan konsultasi kesehatan.

Mobil Sehat ini juga dilengkapi dengan tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan. Selain itu, juga terdapat bilik konsultasi, bilik pemeriksaan, tandu. lemari obat dan peralatan kesehatan lainnya yang menunjang pemeriksaan kesehatan masyarakat.rill/(wa)