Home / BANGKA BELITUNG / KABUPATEN BANGKA / NEWS

Selasa, 19 Januari 2021 - 21:03 WIB

TI Ilegal di Jalan Lintas Timur Ditertibkan Tim Gabungan

MERAWANG, LASPELA — Tim Gabungan (Timgab) temukan 10 set mesin TI (Tambang Inkonvensional) ilegal di Jalan Lintas Timur Desa Air Anyir, Selasa (19/1/2021).

Tim yang terdiri dari pihak TNI-POLRI, UPTD KPH Sigambir serta Dinas Kehutanan tersebut bergerak menuju lokasi pukul 08.30 WIB karena mendapat laporan masyarakat yang resah akan adanya pertambangan disana.

Kekesalan masyarakat ditenggarai oleh adanya limbah TI yang naik ke ruas Jalan Lintas Timur sehingga tim pun melakukan penertiban.

Dalam pelaksanaan kegiatan telah ditemukan adanya bekas aktivitas TI Ilegal di Kolong Mursal ini.

Saat memantau dibagian samping kanan RSUP Soekarno ditemukan 10 set mesin yang beroperasi namun tidak ditemukan para pekerjanya karena diduga sudah terlebih dulu melarikan diri.

KA UPTD KPh Sigambir Kota Waringin, Bambang Trisula memberi tenggang waktu kepada masyarakat untuk mengangkat mesin tersebut hingga tengah malam nanti.

“Saya sampaikan kepada Sekdes Air Anyir segera sampaikan kepada masyarakat untuk mengangkat sendiri mesin mesinnya dikasih tenggang waktu sampai jam 00.00 malam ini, kalau masih tidak diangkat besok pagi tim akan mengangkat dan menyita sendiri,” ungkapnya.

Ia juga menekankan bahwa tidak ada yang boleh melakukan aktivitas apapun di lokasi tersebut karena masih masuk kedalam kategori hutan lindung baik tambang ilegal maupun perkebunan.

“Kita juga sudah sampaikan ke Sekdes Air Anyir, tidak boleh melakukan aktivitas apapun di hutan lindung,” tambah Bambang.

Kedepan pihaknya akan memantau lagi lokasi tersebut bersama dengan tim yang sudah dibentuk agar tidak ada lagi aktivitas tambang.

“Kita sudah membentuk tim yang terdiri dari Dinas Kehutanan, Polsek Merawang, Koramil dan perangkat desa setempat yang tugasnya memantau dan mengecek apabila kedepannya masih dilakukan kegiatan penambangan dilokasi tersebut konsekuensi bersama agar ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” tegasnya.(mah)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Stand Pameran Dekranasda Ramaikan HKG dan Peringatan Hari Ibu

BANGKA BELITUNG

Gubernur Babel Dengarkan Keluhan Nelayan Sungailiat

BANGKA BELITUNG

Jumlah Produksi Ikan di Bangka Alami Penurunan

BANGKA BELITUNG

Membandel, Penambang Timah Illegal Kena Sanksi Tegas | BANGKA BELITUNG

BANGKA BELITUNG

Bupati Belitung Membuka Secara Resmi Festival Tanjung Kelayang 2 Tahun 2019

BANGKA BELITUNG

Kecamatan Toboali Gelar Lomba B2 SA

BANGKA BELITUNG

KPAD Babel Berharap Ketegasan Hukum Dari Kasus Pencabulan Rn

BANGKA BELITUNG

Erzaldi Akui Dibabel Timah Sudah Banyak Nyumbang dalam Pembangunan Ekonomi
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: