Home / BANGKA BELITUNG / NEWS / PANGKALPINANG

Kamis, 14 Januari 2021 - 13:26 WIB

Besok, Suntik Vaksin di Babel Siap Dilakukan, Erzaldi Jadi Orang Pertama yang Disuntik Vaksin

PANGKALPINANG, LASPELA – Persiapan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah matang. Tinggal menunggu pelaksanaan yang akan dilakukan pada 15 Januari 2021, besok. Penyuntikan ini akan dilakukan di Rumah Sakit Soekarno Air Anyir, Kabupaten Bangka.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan rencananya suntik vaksin Covid-19 jenis Sinovac tahap pertama akan ditujukan bagi tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan memerangi Covid-19.

“Dan saya pribadi juga menyatakan siap untuk menjadi orang pertama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mendapat suntikan vaksin Covid-19. Karena menurut saya, seorang pemimpin harus menjadi teladan bagi masyarakat, untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin itu aman,” kata Erzaldi pada konfrensi pers terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang berlangsung di Ruang VIP Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang, Kamis (14/1/2021).

Disampaikan Erzaldi, selain Provinsi Kepulauan Babel, pada Jumat, 15 Januari 2021 juga ada vaksinasi perdana di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Belitung, hal ini dikarenakan jumlah penderita positif Covid-19 tinggi terjadi di daerah tersebut.

“Insya Allah semua sudah siap seperti Kapolda, Danrem, Danlanud, Danlanal, Plt Ketua DPRD Babel dan tokoh masyarakat. Dan akan di ikuti juga oleh forkopimda di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Kabupaten Belitung,” ujarnya.

Lanjut Erzaldi, untuk tahap pertama ini akan dilakukan mulai pada tanggal 15 Januari 2021 sampai dengan April mendatang. Dengan target 12.000 orang. Dan ini diutamakan untuk para tenaga medis.

“Dan untuk tahap kedua baru nanti ditujukan ke TNI/Polri, aparat hukum, pelayanan publik, dan masyarakat juga. Dan ini semua tentunya sudah di atur oleh pemerintah pusat. Kita berharap pelaksanaan vaksin di Babel dapat berjalan dengan lancar dan terus memberikan edukasi kepada masyarakat kita bahwa vaksin ini aman untuk dilaksanakan.

Dia menyebutkan, ketika masyarakat sudah divaksin, mereka akan menerima kartu menggunakan aplikasi Primary Care (P-Care), untuk memperlancar proses data pemberian dan penerima vaksin.

“Saya juga ingin mengingatkan kepada masyarakat, jangan pernah merasa dengan adanya vaksin sudah merasa aman dari virus, tetap kita melakukan protokol kesehatan dengan disiplin,” tegasnya.

Selain itu, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini juga sejalan dengan beberapa misi Erzaldi dalam memimpin Bangka Belitung di antaranya, meningkatkan sumber daya manusia unggul, dan handal, meningkatkan kesehatan masyarakat, serta meningkatkan pengendalian bencana, dan kualitas lingkungan hidup. Sebab, pandemi Covid-19 ini telah ditetapkan statusnya menjadi bencana non alam.

Dia juga menambahkan, mengenai distribusi vaksin yang ada di cold storage penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan. Distribusi vaksin ke kabupaten/kota akan dikawal oleh pihak kepolisian.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan pelabuhan, Bangun Cahyo Utomo menjelaskan, distribusi vaksin Covid-19 yang akan segera disebarkan, untuk wilayah Pangkalpinang berjumlah 4.760 dosis, 3.560 dosis untuk wilayah Bangka, dan 1.960 dosis untuk wilayah Belitung.

Turut hadir dalam kegiatan ini bersama Gubernur Erzaldi antara lain, Kepala Dinas Kominfo Babel Sudarman, Kepala KKP Bangun Cahyo, dan Kadinkes Provinsi Babel, Mulyono, beserta tamu undangan lainnya.(wa)

Share :

Baca Juga

NEWS

Bekuk Newport County, Tottenham ke Putaran Kelima Piala FA

BANGKA BELITUNG

Dua Hari Diguyur Hujan, Belitung Aman Dari Kebakaran

BANGKA BELITUNG

H-7 Harga Tiket Kapal Naik

BANGKA BELITUNG

Cemari Lingkungan, Komisi 3 Sidak Pabrik Tapioka CV SBM Payung

HEADLINE

Kevin/Marcus ke Perempat Final China Open 2017

HEADLINE

Cegah Terorisme di Daerah, Mendagri Minta Pemda Pantau WNI dari Suriah

BANGKA BELITUNG

MUI Bangka Barat Gelar Pertemuan Dengan Seluruh Guru Agama Islam

BANGKA BELITUNG

Bupati Ibnu Resmikan Perumahan Barokah Residence
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: