Pejabat Publik Daerah Bakal Jadi Orang Pertama Penerima Vaksin

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 10 orang pimpinan daerah di Kabupaten Bangka akan menjadi orang pertama penerima vaksin Covid-19 saat peluncuran tahap pertama pada 14 Januari 2021 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka, dr Then Suyanti mengatakan pihaknya dan para pimpinan daerah akan menjadi contoh dalam pemberian vaksin tersebut.

“Saya kurang tau ada yang takut atau tidak, tapi setau saya tidak ada (yang takut divaksin-red). Kalaupun ada kita pakai pendekatan dulu dan beri pengertian. Makanya pemimpin termasuk bupati dan saya kasih contoh dulu,” ungkapnya, saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (7/1/2021).

Saat ini pihaknya masih menunggu kepastian jumlah vaksin covid-19 yang akan diterimanya untuk tahap pertama mengingat jumlah vaksin yang diterima provinsi Bangka Belitung hanya 10 ribu vaksin saja.

“Status kita saat ini masih menunggu dari pihak provinsi. Kita tidak tau pasti dapat berapa tapi baru asumsi saja jadi belum bisa kita kasih tau,” tambah dr Then.

Ia mengatakan untuk tahap pertama sendiri akan dikhususkan bagi tenaga kesehatan dimana saat ini terdapat tiga ribu tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Bangka.

“Tenaga kesehatan kita ada tiga ribu, sementara di provinsi saja ada 12 ribu pegawai jadi kita masih kurang (vaksin-red),” jelasnya.

Lebih lanjut, dr Then menjelaskan pemberian vaksin sendiri akan dilakukan beberapa tahapan hingga Maret 2022 mendatang hingga seluruh masyarakat mendapatkan vaksin.

“Tahap pertama tenaga kesehatan, tahap kedua TNI-POLRI, tahap tiga masyarakat tapi ini kebijakan pusat. Data penerima vaksin juga bukan kita tapi pusat. Tapi yang sudah kena covid tidak dapat vaksin lagi,” terangnya.(mah)