Home / BANGKA BELITUNG / Pemuda Muhammadiyah, Gerakan Keilmuan dan Sosial Kemasyarakatan dalam Gerakan Membangun Bersama

Pemuda Muhammadiyah, Gerakan Keilmuan dan Sosial Kemasyarakatan dalam Gerakan Membangun Bersama

Oleh : Sabpri Aryanto
(Sekretaris Pemuda Muhammadiyah Bangka Belitung)

Diawal pelantikan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Bangka Belitung,  gerakan membangun bersama menjadi role model gerakan pemuda Muhammadiyah dalam kerangka dakwah yang mencerahkan untuk kemajuan daerah serumpun sebalai sesuai misi dari pemuda Muhammadiyah “Menjadikan gerakan dakwah amar ma’ruf nahi  mungkar, gerakan keilmuan, gerakan sosial kemasyarakatan dan gerakan kewirausahaan sebagai tumpuan kegiatan dengan memahami  setiap persoalan yang timbul dan kebutuhan lingkungan dimana Pemuda Muhammadiyah melakukan amal karya nyatanya.

Semenjak dilantiknya kepengurusan baru PWPM Bangka Belitung tanggal 12 oktober 2019 lalu berbagai karya nyata telah dilakukan untuk memberikan warna perubahan untuk negeri ini. Dalam waktu 3 bulan awal kepengurusan gerakan progresif sudah dilakukan jauh sebelum munculnya pandemi covid-19 yang membuat gerakan sosial kemasyarakatan sedikit tertunda dengan adanya psyhical distanting. Tetapi semua itu bukan menjadi halangan dan rintangan kita dalam mewujudkan gerakan membangun bersama dan pemuda muhammadiyah harus bisa bekerjasama dalam mencapai tujuan dakwah amar ma’ruf nahi munkar.

Terpilihnya Andika Saputra sebagai ketua dan Sabpri Aryanto sebagai sekretaris Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Bangka Belitung mengantikan kepemimpinan Rusdiar mengantikan Faisal sebelum dirinya ditarik menjadi ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah,  yang membawa blue print manhaj gerakan progresif dan dibawah kepengurusan gerakan membangun bersama kali ini memiliki warna baru dalam membawa Pemuda Muhammadiyah di Bangka Belitung. Karena organisasi ini adalah dakwah, maka tugas kita adalah mencerahkan semesta sehingga adanya transfer kader dalam memberikan pemikiran untuk memajukan bangsa ini, termasuk kader Pemuda Muhammadiyah dapat menjadi pemimpin daerah dimasa akan datang untuk selalu mencerahkan dan mencerdaskan.

Gerakan keilmuan yang dimiliki kader pemuda muhammadiyah menjadi garis terdepan agar setiap kader agar lebih mengedepankan nalar gerakan solutif, aktif, terampil, dan unggul dalam menghadapi era saat ini,  dimana kita berada diera pandemi covid-19 saat ini. Berbagai kegiatan keilmuan maupun sosial kemasyarakat telah kita lakukan dari semenjak awal kita dilantik sampai saat ini satu tahun dua bulan masa kepemimpinan gerakan membangun bersama.

Walaupun kita berada dalam masa pandemi saat ini tidak mengurangi semangat kader Pemuda Muhammadiyah untuk tetap fokus dalam gerakan Islam, amar ma’ruf nahi munkar bersumber pada Al-Quran dan As-Sunnah, yang memiliki maksud dan tujuan untuk tetap berperan sebagai kader umat, kader bangsa, dan kader perserikatan serta mempertahankan lima dimensi khittah perjuangan Pemuda Muhammadiyah, yaitu pada dimensi religius, sosial, ekonomi, politik, dan budaya dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.

Pemuda Muhammadiyah bergerak di garda depan sebagai pembawa misi Islam Berkemajuan. Menjadikan kader muslim yang beramal salih untuk membawa misi Islam Rahmatan lil ‘Alamin, meneladani dan melanjutkan perwujudan Islam yang dibawa Nabi Akhir Zaman untuk membangun peradaban berkemajuan sesuai visi-misi KH. Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah yang mampu menjadi pembaharu dan melahirkan Muhammadiyah sebagai gerakan pembaharuan Islam yang membawa pada kemajuan umat. Kelahiran Pemuda Muhamamdiyah merupakan jawaban atas persoalan-persoalan kepemudaan, dan sosial yang terjadi pada masyarakat Indonesia. Peran dan fungsi pemuda Muhammadiyah sejak dari zaman kemerdekaan sudah aktif dalam mengawal persoalan sosial kemasyarakatan.

Semoga gerakan keilmuan dan gerakan sosial kemasyarakatan pemuda muhammadiyah dalam membangun bersama selalu bermanfaat untuk kemajuan daerah dengan tetap membangun mitra pemerintah dalam mewujudkan kemajuan daerah agar terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur. Dengan kehadiran pemuda Muhamamdiyah Bangka Beliung tetap bergerak membangun bersama berdampak terhadap perubahaan besar masyarakat untuk menjawab tantangan, memajukan bangsa serta mencerahkan semesta di bumi serumpun sebalai ini dan kedepannya gerakan pemuda Muhammadiyah Bangka Belitung tetap sebagai garda terdepan dalam menuaikan gagasan dan solusi untuk pembangunan daerah maupun memajukan dakwah mencerahkan di negeri serumpun sebalai.(*)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: