Ini Alasan Dinas Perikanan Gencar Wujudkan Pasar Ikan Modern

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pangkalpinang Jon Herli, menuturkan alasan pihaknya gencar dalam mewujudkan Pasar Ikan Modern yang kini sedang diperjuangkan untuk dapat hadir di Pangkalpinang.

Pertama, dirinya menuturkan jika selama ini produk-produk perikanan di Bangka Belitung (Babel) pusat pemasarannya ada di Pangkalpinang, namun tidak satu rupiah pun masuk ke pendapatan daerah.

“Ada tiga perusahaan eksportir di Pangkalpinang. Dalam seminggu ada 2 kali pengiriman dan satu kapal pengiriman dapat 80 ton, jika satu hari ada 6 kapal maka ada 480 ton pengiriman dan mereka tidak ada kontribusinya,” katanya, Selasa (8/12/2020).

Bukan hanya itu, para pengusaha tambak udang juga disorot Jon Harli. Ia mengungkapkan, semua hasil panen dari tambak udang masuk ke PT Merdeka. Kemudian udang tidak di kelola di Babel namun udang-udang tersebut dikirim ke Jakarta dan Tangerang.

“Untuk itu dengan adanya pasar ikan modern dan nanti akan berkembang, kita rencanakan masyarakat pedagang kecil dapat memanfaatkan pasar ini, daripada nanti semua diambil pengusaha besar, kasihan mereka,” terangnya. (dnd)