Vaksin Covid-19 Tunggu Fatwa Halal MUI

JAKARTA, LASPELA – Sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 telah tiba di Indonesia, Minggu (6/12/2020) malam. Vaksin buatan China tersebut menjadi upaya Pemerintah untuk memutus mata rantai persebaran corona di Tanah Air.

Namun, vaksin tersebut belum bisa langsung disebar ke khalayak umum, karena masih menunggu beberapa tahapan akhir. Dijelaskan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, vaksin masih disimpan di Bio Farma, Bandung itu menunggu hasil fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Selain itu, juga menunggu fatwa MUI untuk aspek kehalalannya,” ucap Airlangga dalam konferensi pers virtual terkait kedatangan vaksin covid-19, dikutip dari cnnindonesia.com, Senin (7/12/2020).

Tidak sampai disitu, vaksin juga harus menunggu evaluasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait aspek mutu, keamanan, dan efektivitasnya. Setelah itu, barulah vaksin akan disebar kepada masyarakat melalui dua tahap.

“Vaksin akan dibagikan melalui dua tahap. Pertama, secara gratis. Kedua, berbayar secara mandiri. Aturan rinci untuk kedua skema tersebut akan segera diterbitkan dalam satu sampai dua minggu ke depan,” tutupnya.(**)