Home / ADVERTORIAL / Bupati Bangka Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

Bupati Bangka Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

*Abang Timah untuk Bu Disa

JAKARTA, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka meraih penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menpan RB, Tjahjo Kumolo dan Mendagri, Tito Karnavian kepada Bupati Bangka, Mulkan di Gedung Tribata, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Penghargaan ini bisa didapat setelah menyisihkan berbagai daerah dengan berbagai inovasi. Tak mudah untuk masuk dalam deretan top 45 inovasi  se Indonesia. Karena, tahapan demi tahapan penilaian harus dilalui.

Bentuk inovasi tersebut yakni inovasi Lahan eks Tambang Timah untuk Budidaya Padi Sawah (Abang Timah Untuk Bu Disa) yang merupakan program pemanfaatan kembali lahan tidur bekas tambang timah yang banyak ditemui di Kabupaten Bangka disulap menjadi lahan budidaya persawahan.

Abang Timah untuk Bu Disa Merupakan inovasi besutan Dinas Pertanian dan Pangan Pemerintah Kabupaten Bangka.

Abang Timah untuk Bu Disa ini merupakan cerminan budaya kerja pembangunan yang dilaksanakan secara gotong royong atau kebersamaan yang biasa disebut  pentahelix.

“Kelima pilar dalam pembangunan melebur dalam inovasi ini. Yakni, yang pertama ada pemerintah kabupaten Bangka pemangku kebijakan serta penyedia Sarana dan prasarana. Kedua, pelaku usaha melalui program Csr perusahaan. Ketiga, akademisi yang telah melakukan penelitian dan sebagai contoh,” ungkap Mulkan usai menerima penghargaan.

“Kemudian ada masyarakat sebagai pelaku dalam pilar ke empat dan terakhir adalah media sebagai pusat informasi yang menyebarkan inovasi ini,” jelas Mulkan.

Inovasi Abang Timah untuk Bu Disa ini sudah diaplikasikan di lahan persawahan kawasan Sinar Jaya Jelutung, Kecamatan Sungailiat. Bahkan, sudah memproduksi padi dengan hasil panen perdana yang sangat memuaskan. Yakni, dengan produktivitas sebanyak 5,1 ton/ hektar gabah kering pada panen tahun 2020. Dan dikembangkan di beberapa daerah lain di Kabupaten Bangka.

Sehingga, meningkatnya hasil komoditi pertanian asli Kabupaten Bangka yang berimbas pada ketahanan pangan Kabupaten Bangka. Kemudian dilakukan pula dengan ternak sapi dan pula tanaman sayur mayur.

“Penghargaan ini adalah hasil kerja keras semua elemen pemerintah daerah yang setiap tahunnya terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Mulkan.

Mulkan juga berharap penghargaan ini agar menjadi motivasi seluruh ASN Kabupaten Bangka untuk terus berkarya dalam melanyani masyarakat dan membangun Kabupaten Bangka

“Terimakasih kepada semua element yang terlibat dalam keberhasilan inovasi Abang timah untuk Bu Disa ini. Sehingga, menjadi salah satu inovasi terbaik di tingkat Nasional,” pungkasnya. (adv/*)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: