Home / BANGKA BELITUNG / Dinkes Bangka Gencar Edukasi ke Masyarakat Tentang Penerapan Hidup Bersih dan Sehat

Dinkes Bangka Gencar Edukasi ke Masyarakat Tentang Penerapan Hidup Bersih dan Sehat

SUNGAILIAT, LASPELA — Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangka bersama Promkes Puskesmas memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta upaya pencegahan Covid-19.

Kegiatan ini akan digelar selama dua minggu kedepan dan akan difokuskan di fasilitas-fasilitas umum serta tempat pariwisata.

Kadinkes Bangka, dr Then Suyanti mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga sekaligus untuk mensosialisasikan Perbup No 5 tahun 2020 tentang pedoman penegakan disiplin protokol kesehatan covid-19.

“Peran masyarakat dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat itu sangat penting terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Dan kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Bangka kini berada di zona kuning,” ungkap Then.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

“Intinya jangan panik tetapi juga jangan anggap remeh. Tetap ikuti anjuran pemerintah dengan langkah 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan juga menjaga jarak,” imbaunya.

Sementara itu, Kasi Promkes Dinkes Bangka, Arlis Danita mengatakan dengan tema “New Normal SERBA COVID” Dinkes Bangka terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat dan juga akan memantau penerapan PHBS di masyarakat.

“Sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan Covid-19, kita akan terus memantau berbagai fasilitas dan tempat umum seperti pasar, rumah makan, dan tempat pariwisata. Kita harapkan tempat-tempat ini semua dapat menyediakan sarana tempat cuci tangan, karena selain memakai masker, masyarakat juga harus mengerti langkah-langkah apa yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ini salah satunya sering mencuci tangan pakai sabun,” ujar Arlis.

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap masyarakat dapat berperan serta membantu pemerintah dalam hal mengendalikan wabah Covid-19.

“Semoga Kabupaten Bangka cepat kembali ke status zona hijau,” harapnya (mah)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: