Home / BANGKA BELITUNG / Hanya Menderita Penyakit DM dan Gangguan Paru-paru, Y Didiagnosa Positif Covid-19

Hanya Menderita Penyakit DM dan Gangguan Paru-paru, Y Didiagnosa Positif Covid-19

SUNGAILIAT, LASPELA — Jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka kini berjumlah 82 orang. Angka tersebut mengalami penambahan setelah Y (68) dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan swab.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan jika pasien berjenis kelamin laki-laki asal Kecamatan Merawang itu sebelumnya tidak pernah melakukan perjalanan keluar daerah, namun menderita penyakit penyerta.

“Hari ini ada penambahan lagi kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bangka dengan inisial Y.  Setelah di tracking, yang bersangkutan tidak pernah mempunyai riwayat kontak dengan pasien positif lainnya ataupun perjalanan keluar daerah, namun mempunyai penyakit penyerta DM dan gangguan paru,” ungkap Boy, Jumat (18/9/2020) malam.

Kemudian, lanjut Boy, yang bersangkutan diisolasi di ruangan bertekanan negatif di RS Depati Bahrin Sungailiat, guna menjalani perawatan lebih lanjut.

“Y sudah dikarantina sejak tanggal 17 September 2020, dan hasil swabnya keluar pada hari ini dinyatakan positif Covid-19,” terang Boy.

Selanjutnya, untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, Dinas Kesehatan Bangka melalui Puskesmas Baturusa melakukan tracking, baik yang kontak primer maupun sekunder.

“Semua yang pernah kontak dengan pasien akan dilakukan pemeriksaan kesehatan, rencananya besok keluarga pasien akan diswab di RS Depati Bahrin,” ujar Boy.

Selain itu, Boy juga mengatakan jika tim gugus terus melakukan sosialisasi penegak disiplin protokol kesehatan, sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangka.

Hingga saat ini dari 82 orang yang dinyatakan positif Covid-19, dimana 74 orang lainnya sudah dinyatakan sembuh.

“Masih sisa delapan orang, tujuh orang masih dikarantina di Provinsi Bangka Belitung, dan satu orang diisolasi di RS Depati Bahrin,” terang Boy. (mah)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: