DONE

Besarnya Potensi Ketahanan Pangan, Jadi Alasan Mentan RI Kembali Kunjungi Babel


Oleh: Nopranda Putra

PULAUBESAR, LASPELA – Besarnya potensi ketahanan pangan beras di Bangka Belitung membuat Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo kembali mengunjungi Bangka Belitung.

Kunjungan kali kedua ini, Mentan melakukan tanam padi perdana di area sawah seluas 1.200 hektar di desa Batu Betumpang, kecamatan Pulau Besar, kabupaten Bangka Selatan (Basel), provinsi Bangka Belitung (Babel), Selasa (25/8) yang juga didampingi Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, Bupati Basel Dr Ir H Justiar Noer dan unsur Forkompinda Babel serta Basel.

Pengelolaan lahan persawahan mengusung konsep food estate dengan memanfaatkan pengelolaan lahan menggunakan peralatan pertanian moderen seperti hand traktor, traktor roda empat, dan rice transplanter.

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan pertanian adalah ujung tombak penyangga pangan nasional. Pasalnya, di masa sulit saat ini ekonomi dunia termasuk Indonesia melemah. Inilah krisis ekonomi yang paling dalam, Indonesia sendiri saat ini berada pada -5,2 persen.

“Satu satunya yang tidak kena masalah adalah pertanian. Negara di Eropa, Jepang, Jerman kembali mengolah pertaniannya. Karena pertanian tidak mengenal krisis. Produksi pertanian harus terus berjalan untuk menjaga stabilitas bahan pangan di Indonesia,” kata Mentan.

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan pertanian merupakan nadi bagi dunia karena tidak ada yang tidak butuh makan. Bertani bisa dilakukan oleh siapa saja. “siapapun bisa bertani dengan memanfaatkan lahan di sekitar tempat tinggalnya,” ujarnya. (Pra)

Share :

Baca Juga

EKO-BISNIS

Masyarakat Diminta Manfaatkan Sampah Menjadi Bernilai Ekonomis

HUKUM

Polres Basel Lakukan K2YD Jelang Bulan Suci

KABUPATEN BANGKA BARAT

Dengan Sosialisasi Pengolahan Sampah, Evi Berharap Anggota TP PKK Dapat Memanfaatkan Sampah Rumah Tangga

EKO-BISNIS

Capacity Building BI Perwakilan Babel Diikuti 25 Wartawan Ekonomi

KABUPATEN BANGKA BARAT

Ketua Dekranasda Melati Tantang Perajin Resam Air Bulin Produksi Peci Pramuka

KABUPATEN BELITUNG

Nikmati Makan Bedulang Khas Belitung, Uniknya Para Turis Tak Bisa Duduk Bersilak

KABUPATEN BANGKA BARAT

Kesadaran Warga Kayu Arang Ikuti Pelayanan KB Meningkat

DPRD

Suspek Covid-19 di Bencah Melonjak, Wakil Ketua DPRD Basel Minta Dinas Kesehatan Segera Tambah Kamar Karantina
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: