Mahasiswa KKN PPM Ristek UBB Gelar Workshop Pembuatan Handsanitizer, Hidroponik dan Kompos

RIAU SILIP, LASPELA — Mahasiswa KKN Ristek UBB Desa Karya Makmur menggelar workshop pembuatan handsanitizer, pembuatan kompos organik limbah pasar (Kolipa), pupuk organik cair kulit nanas (Parasku) dan tanaman hidroponik di Balai Desa Karya Makmur, Minggu (16/8/2020).

Kegiatan ini merupakan program pengabdian terakhir mahasiswa KKN PPM Ristek UBB di Desa Karya Makmur sebelum penutupan KKN pada tanggal 19 Agustus 2020 mendatang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang produk-produk yang dihasilkan oleh  mahasiswa UBB selama kegiatan KKN berlangsung.

Dosen pembimbing lapangan 2 KKN PPM Ristek UBB Desa Karya Makmur, Dini Wulansari berharap para peserta dapat mengambil dan menerapkan ilmu yang akan diberikan oleh pemateri workshop nantinya.

Sementara itu, Kepala Desa Karaya Makmur, Yusni Tamrin mengapresiasi kegiatan workshop tersebut, menurutnya hal demikian dapat mendorong masyarakat untuk berwirausaha melalui produk yang dihadirkan oleh mahasiswa KKN PPM Ristek UBB

“Disamping kita bisa menambah wawasan mengenai produk yang akan ditampilkan, outputnya juga kita bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis di tengah pandemi Covid-19 saat ini, yang mana kita bisa kembangkan di rumah sendiri tentunya,” ujar Yusni.

Pemateri dalam Workshop tersebut adalah mahasiswa KKN PPM Ristek UBB 2020. Workshop Handsanitizer di isi oleh Firstin Rizki Annisa Hasibuan dan Desy Safitri, untuk Workshop hidroponik dan untuk Kompos di isi oleh Canti Yohan Samosir, Parlindungan Siregar dan Ferdi Ferdiansyah.

Pemaparan dari kegiatan ini yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN PPM Ristek UBB yang telah melakukan percobaan pembuatan produk- produk tersebut sebelumnya.

Kegiatan ini disambut antusias warga desa Karya Makmur, kegiatan ini turut dihadiri oleh Dosen Pembimbing lapangan KKN PPM Ristek UBB, Gapoktan, KRPL, Bumdes, KWT,PKK dan  karang taruna desa karya makmur,serta masyarakat umum yang mau belajar.

Diakhir kegiatan, para mahasiswa juga turut membagikan produk Handsainitaizer, kompos dan POC dan peralatan pembuatan hidroponik kepada masyarakat hadir pada kesempatan tersebut. (mah)