Home / BANGKA BELITUNG / Asrul : Penyakit Tidak Menular Itu Bisa Dikontrol

Asrul : Penyakit Tidak Menular Itu Bisa Dikontrol

BANGKA BARAT, LASPELA– Kepala Seksi (Kasi) P3TMI Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, H Arsul Sani, SKM mensupport kegiatan yang dilakukan Puskesmas Muntok, Kope Jumat (Kompak dan Peduli menuju Muntok Sehat) Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Jalan siswa dusun VII Desa Belo Laut Kecamatan Muntok, Minggu (9/8/2020).

” Kita support kegiatan Puskesmas Muntok, karena kegiatan ini bukan hanya tanggung jawab puskesmas, jadi standar pelayanan minimal itu secara kewilayahan ini punya wilayah Puskesmas, tetapi data tetap masuk ke kita, kedepan kita akan lakukan potensi apa yang bisa lakukan, misalnya hipertensi banyak, kita yang menganalisa kenapa bisa banyak, nanti kita tindak lanjutnya, misalnya DM banyak, kita akan stok stik banyak, nanti kita promosi kesehatannya,” jelas H Arsul.

Kegiatan yang merupakan lintas program tersebut, diharapkan Arsul dapat mengenai sasaran yang diharapkan.

” Kita berharap dengan kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas, Kope Jumat di sini, Intinya kita akan mendekati sasaran ke masyarakat, biar mendekati sasaran. sehingga seluruh masyarakat mulai dari usia 0 sampai usia lanjut kita skrining, kita periksa, baik untuk usia produktif yang pertama kemudian usia lanjut kemudian penyakit diabetes, hipertensi, ada lagi kalau memang kita bisa kita skrining HIV sama TB,” jelasnya.

Dengan kegiatan tersebut juga, Arsul mengatakan akan melakukan pemetaan terhadap tindaklanjut dari skrening yang dilakukan.

” Kita harapkan nanti ada pemetaan, usia produktif yang dapat kita skrining misalnya ada berapa orang, pasien yang DM berapa orang, kalau bisa per RW/RT, DM berapa, hipertensi berapa, singkat nanti kita ketahui di wilayah tertentu. Kita berharap supaya penyakit penyakit hipertensi dan DM itu tidak jatuh ke lebih berat lagi misalnya ke stroke, jantung karena penyakit tidak menular itu penyakit yang tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dikontrol,” pungkasnya. (is)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: