Home / BANGKA BELITUNG / Gelar Apel, Kasat Pol PP Beltim Harapkan Jajarannya Menjadi Contoh Teladan Protokol Kesehatan

Gelar Apel, Kasat Pol PP Beltim Harapkan Jajarannya Menjadi Contoh Teladan Protokol Kesehatan

MANGGAR, LASPELA– Jajaran Personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Belitung Timur harus selalu siaga, sigap dan cepat tanggap terhadap isu – isu strategis di tengah masyarakat  yang semakin kompleks yg di hadapi Masyarakat nasional dan daerah saat ini.

Sejak merebaknya wabah dan isu pandemi penyebaran corona virus diases 19 (covid-19)  awal Maret hingga memasuki bulan Agustus 2020 ini cenderung meningkat penyebarannya di masyarakat Kabupaten Belitung Timur.

Untuk itu suka tidak suka senang tidak senang Satpolpp dan Linmas  dituntut kerja ekstra kinerja dan tanggung jawabnya. Karena ini bagian utama tugas kita Satpol PP dan Linmas bersama aparatur instansi lainnya di daerah.

Hal tersebut di sampaikan oleh Kasat Pol PP Kabupaten Beltim Zikril SS, ketika memberikan  pengarahan pada Apel Pembinaan jajarannya di halaman kantor Satpol PP Senin (3/8/2020), yang juga di hadiri segenap jajaran pejabat struktural, fungsional dan  anggota Satpol PP Kabupaten Belitung Timur.

Apel  Pembinaan ini menurut Zikril merupakan yang paling lengkap unsur jajarannya  dalam bertatap muka langsung dengan jajarannya sejak 6 bulan terakhir terhitung bulan Maret, dimana sejak kasus pertama adanya warga beltim yang positif corona maka di awal Maret 2020 Satpol PP sudah membuka posko dan memback-up jajaran Kesehatan dan BPBD di seluruh wilayah Beltim terutama membantu pengamanan dan pengendalian massa di seluruh desa dan puskesmas diwilayah kabupaten Beltim.

Dijelaskannya komposisi Satpol PP dan Satlinmas saat ini terdiri dari 25 PNS  4 Penyidik  PNS 82 Banpol PTT 390 Linmas di 39 desa dengan struktur 12 pejabat fungsional serta 10 pejabat struktural  meliputi  1 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama 3 Pejabat Administrator eselon III dan 6 pejabat Pengawas eselon IV yang diharapkan dapat memberikan daya ungkit terhadap pencapaian terget  kinerja dalam Implementasi  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah  (SAKIP) 2019 -2021 sesuai kontrak kinerjanya sebagai Kepala OPD di Satpol PP saat ini.

“Hingga hari ini kita memasuki tata kehidupan baru (New Normal) dengan melaksanakan Adaptasi kebiasaan baru (AKB) justru satpolpp dan linmas di harapkan dapat menjadi teladan melaksanakan protokol Kesehatan serta menampilkan bahasa yang tepat mengajak masyarakat menerapkan protokol Kesehatan mulai lingkup keluarga institusi/organisasi hingga dalam kehidupan bersosial seperti di sekolah dan tempat ibadah,” ujar Zikril.

Zikril menjelaskan bahwa banyak kepala sekolah dan pengurus masjid  BKM  menyampaikan permintaan lisan dan  surat  kepada satpol pp untuk melakukan penyemprotan disinfektan, sosialisasi dengan jamaah dan Kepala Sekolah yang intinya  komunikasi positif dalam hal informasi pelaksanaan AKB di era New Normal.

“Setiap hari pun tim kita melakukan penyemprotan disinfektan serta sosialisasi di beberapa masjid dan sekolah sekolah di wilayah kecamatan Gantung dan tetap koordinasi  dengan BPBD dan petugas Dinas Kesehatan,” lanjutnya.

Sedangkan di wilayah Manggar dan Damar sudah berjalan secara rutin selama ini meski jarang di ekspos.

Pada Apel tersebut  Zikril juga  mengingatkan kepada jajaran ASN dan PTT di lingkungan Satpol PP  untuk mendukung program kerja penyelenggara pemilu yaitu KPU dan BAWASLU serta bersama unsur penegakan hukum terpadu (GAKUMDU) Kepolisian dan Kejaksaan nantinya untuk menysukseskan tahapan pilkada 2020 dengan tetap menjunjung tinggi asas netralitas dan Profesionalisme aparatur, Sehingga pesta demokrasi  di daerah ini mulai pileg pilpres  pilkades hingga pilkada nanti dapat berjalan sukses lancar dan aman.(rill)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: