Home / BANGKA BELITUNG / Dua partai Pemenang Pileg 2019 Telah Tentukan Sikap pada Pilkada Basel 2020, Masih Tunggu Gerindra dan Golkar

Dua partai Pemenang Pileg 2019 Telah Tentukan Sikap pada Pilkada Basel 2020, Masih Tunggu Gerindra dan Golkar


Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Dua dari tiga partai pemenang pada Pemilihan legislatif (Pileg) 2019 lalu telah menunjukkan sikap pada Pilkada serentak Desember 2020 di Kabupaten Bangka Selatan.

Perhelatan akbar yang dilaksanakan 5 tahun sekali itu akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang diprediksi berjalan alot.

Bagaimana tidak, partai besar PDIP besutan Megawati Soekarno Putri telah menentukan sikap pada siapa bakal calon yang mendapatkan rekomendasi untuk maju pada pesta demokrasi itu yakni pasangan Riza Herdavid dan Debi Jamro. Partai banteng moncong putih menduduki 4 kursi pada Pileg 2019 lalu.

Tak hanya itu, partai berlambang mercy Demokrat juga meraup suara 4 kursi pada Pileg 2019 lalu telah menurunkan surat sakti (Rekomendasi,) kepada pasangan Rina Tarol dan Doni Indra.

Hanya saja, saat ini publik masih menunggu arah haluan dari partai besar lainnya yakni Gerindra Basel dengan 4 kursi dan partai berlambang beringin Golkar 3 kursi.

Untuk kedua partai itu, belum ada arahan jelas kepada siapa akan menjatuhkan rekomendasi. Apakah menjadi partai pengusung atau justru partai pendukung.

Menanggapi hal itu, ketua DPD II Golkar Basel, Marsidi Satar menyebutkan pihaknya saat ini masih menunggu keputusan DPP yang sampai saat ini belum turun.

“Kalau arah kami dari awal berdasarkan hasil survei dan saat ini survey sedang berlangsung oleh DPP Golkar,” kata Marsidi, Senin (27/7) malam.

Saat disinggung siapa saja bakal calon yang masuk penjaringan survey itu, dirinya menyebutkan semua tokoh yanga ada peluang akan dilakukan survey.

“Infonya semua tokoh yang ada peluang di survey oleh DPP Golkar,” ujarnya.

Kendati sudah tahap survey, Marsidi yang juga sebagai anggota DPRD Provinsi Babel dari dapil Basel mengutarakan kapan hasil akhir survey akan keluar masih belum pasti.

“Nah, untuk pastinya kapan, kami juga lagi menunggu, karena keputusan akhir ada pada hasil survey DPP, dan DPP yang akan mengumumkan hasil akhirnya,” tukasnya.

Sementara itu, ketua DPD partai Gerindra, Erzaldi Rosman saat dihubungi belum menjawab terkait sampai mana kesiapan partai berlambang garuda itu pada Pilkada serentak di Basel. (Pra)

About nputralaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: